Jakarta, 8 September 2016 (Antara) – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui BUMN yang tergabung dalam National Publishing and News Corporation (NPNC) menggelar Indonesia Business and Development Expo (IBDExpo) 2016. Dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, pameran berskala internasional itu digelar 8-11 September 2016 di Jakarta Convention Center. NPNC sendiri merupakan sinergi empat BUMN yang terdiri atas Perum LKBN Antara, PT Balai Pustaka, Perum Percetakan Negara Republik Indonesia dan Perum Produksi Film Negara.

IBDExpo 2016 adalah forum bisnis dan pameran dagang berskala internasional yang merupakan manifestasi semangat dan solidaritas komunitas bisnis Indonesia, terutama BUMN. Ajang ini diharapkan dapat mewujudkan sinergi kemitraan dan akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional melalui perdagangan, investasi serta pariwisata. Rangkaian kegiatan dalam acara ini antara lain pameran, konferensi internasional dengan pembicara dari BUMN Singapura dan Tiongkok, seminar, deklarasi ASEAN News Agency, temu bisnis, customer gathering, pameran peluang karir di BUMN, hiburan, Malam Penghargaan Ekshibitor, serta pitching Program Kemitraan dan Bina Lingkungan BUMN.

“IBDExpo 2016 berfungsi sebagai tempat untuk promosi, interaksi, pendidikan, negosiasi dan transaksi untuk para pelaku bisnis dengan mitra, pelanggan, dan stakeholder mereka. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya membangun kesadaran publik atas prestasi, inovasi, kreativitas dan peran BUMN dalam membangun negeri,” ujar Menteri BUMN Rini M. Soemarno yang dijadwalkan hadir untuk memberikan kuliah umum bagi para direksi dan pejabat eselon I BUMN di acara tersebut.

Lebih jauh, IBDExpo 2016 dirancang sebagai forum bagi para pelaku bisnis di Indonesia untuk mengevaluasi, membahas dan memformulasikan langkah-langkah strategis bisnis mereka. Diharapkan hal tersebut dapat mempercepat realisasi nilai dan visi BUMN untuk mengelola bisnis berskala internasional dan memainkan peran sebagai pelaku bisnis global. Ajang IBDExpo 2016 ini menjadi penting karena merupakan satu-satunya expo produk dan jasa BUMN di Indonesia. Terbagi menjadi 11 zona, lebih dari 700  produk dan jasa ditawarkan dalam pameran ini. Kegiatan ini menjadi peluang ekspansi pasar bagi pelaku bisnis di era Masyarakat Ekonomi ASEAN saat ini.

Dalam IBDExpo 2016 juga akan dipamerkan sejumlah produk unggulan BUMN seperti senjata api dan tank Anoa milik PT Pindad, kapal buatan PT PAL, maket kereta cepat Jakarta-Bandung, dan simulasi penerbangan dari PT Dirgantara Indonesia.

Digelar di Hall A, B, dan Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center, IBDExpo 2016 diikuti oleh berbagai BUMN, Badan Usaha Milik Daerah (BUMN), anak perusahaan BUMN dan BUMD, mitra bisnis BUMN dan BUMD, serta sejumlah BUMN dari ASEAN dan mancanegara.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016