Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian menggelar pameran kulit dan sepatu bertajuk "Shoes & Leather Goods Vaganza 2016" di Plasa Kemenperin, Jakarta sebagai upaya pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) alas kaki agar dapat lebih dikenal masyarakat.

"Pameran ini tidak terlepas dari peran serta perajin ataupun tokoh-tokoh sentra yang gigih dan tekun untuk mengembangkan dan mempromosikan karya-karya anggotanya," kata Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Selasa.

Gati menyampaikan, berbagai inovasi dan kreativitas yang dihasilkan para pelaku industri kreatif memerlukan wadah untuk mengekspresikan karyanya.

Untuk itu, diperlukan tempat yang representatif dan dapat memberikan ruang serta kesempatan bagi para pelaku IKM.

"Industri kreatif merupakan salah satu sub sektor dari program pemerintah terkait dengan nawacita, yang bertujuan membangu para pihak melalui kerja sama dari empat unsur, akademik, bisnis, komunitas dan pemerintah," papar Gati.

Menurutnya, kemajuan industri seperti alas kaki, akan memajukan industri kreatif secara langsung, dan sebaliknya industri kreatif yang maju akan menjadi sumber destinasi pariwisata.

Gati berharap, penyelenggaraan pameran tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap kelangsungan usaha IKM dalam mendukung pertumbuhan sektor industri kreatif dan perekonomian nasional.

"Saya berharap peran dan dukungan stakeholder terus mendorong pertumbuhan sektor industri ekonomi kreatif skala nasional dan atau internasional," pungkas Gati.

Pameran menjual produk alas kaki dan mode buatan dalam negeri.

Pameran mulai dibuka pada Selasa (20/12) hingga Jumat (23/12) sejak pukul 09:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB setiap harinya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2016