Bangkalan (ANTARA News) - Polres Bangkalan, Jawa Timur, mendirikan posko pengamanan Natal dan Pergantian Malam Tahun Baru di akses tol menuju Jembatan Suramadu sisi Madura.

Posko di akses tol ini merupakan satu dari empat posko pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017 yang didirikan polisi.

"Suramadu menjadi perhatian kami, karena berdasarkan kebiasaan banyak masyarakat merayakan pergantian malam tahun baru di sekitar Suramadu," kata Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M Ridha di Bangkalan, Jumat.

Selain pertimbangan keramaian, pengamanan di akses tol menuju Jembatan Suramadu itu juga dilakukan karena di wilayah itu terkenal rawan kecelakaan lalu lintas.

Polres, kata dia, telah memasang rambu-rambu khusus agar pengendara di jalur itu lebih berhati-hati, yakni berupa monumen mobil rusak di sekitar perempatan Tangkel, Bangkalan.

Selain mendirikan posko pengamanan, Polres Bangkalan juga menyiagakan tim penembak jitu di sekitar akses jembatan Suramadu, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak kriminal.

Daerah lain yang juga menjadi pantauan khusus Polres Bangkalan ialah di Pelabuhan Kamal, Bangkalan.

"Khusus di Kamal, kita serahkan ke Polsek Kamal, tapi kita juga bantu dari personel Polres Bangkalan," katanya menjelaskan.

Posko lainnya yang juga dibangun Polres Bangkalan adalah di Kecamatan Tanjung Bumi dan di alun-alun Kota Bangkalan.

"Kalau di alun-alun adalah posko induk, yakni posko koordinasi antarpetugas lapangan," katanya.

Sementara, guna mengamankan perayataan Natal dan pergantian malam tahun baru ini, Polres Bangkalan menerjunkan sebanyak 300 personel gabungan dari unsur polisi, TNI, Satpol-PP, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Bangkalan.

"Kami juga melibatkan tim medis dari Dinas Kesehatan, PMI dan pemadam kebakaran," katanya.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016