Bandung (ANTARA News) - Jalur kawasan objek wisata air panas Cipanas-Garut mulai ramai menjelang libur malam pergantian di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu.

Arus kendaraan dari arah Bandung menuju kawasan Garut mulai ramai melintasi jalur utama objek wisata seperti Cipanas Garut di Kecamatan Tarogong Kaler maupun ke daerah pegunungan Puncak Darajat di Kecamatan Pasirwangi.

Kepala Kepolisian Sektor Tarogong Kaler, Ipda Hilman Nugraha mengatakan, kawasan wisata Cipanas Garut dipadati wisatawan yang hendak mengisi libur dan merayakan tahun baru di hotel maupun tempat wisata lainnya.

"Sejumlah titik saat ini sudah banyak dikunjungi wisatawan," kata Hilman.

Ia menuturkan, jajarannya bersama petugas gabungan lainnya dari TNI, pemerintah daerah dan masyarakat sukarelawan membantu pengamanan untuk antisipasi berbagai ancaman kriminalitas, termasuk pengaturan lalu lintas.

Sejumlah personel, kata dia, sudah disiagakan di titik rawan kemacetan dan kepadatan aktivitas masyarakat di Cipanas Garut, termasuk melakukan patroli rutin.

"Selama kegiatan pengamanan wisata di tahun baru ini, kami mengantisipasi kemungkinan adanya upaya pencurian kendaraan bermotor," katanya.

Ia menyampaikan, pengamanan libur tahun baru bukan hanya lalu lintas dan titik rawan kriminalitas, tetapi antisipasi kecelakaan di kawasan tempat wisata.

Polisi bersama petugas pengelola pemandian air panas di Cipanas Garut, kata Hilman, disiagakan petugas khusus untuk mengawasi wisatawan yang sedang berenang.

"Untuk pengamanan di tempat-tempat renang, kami mengoptialkan fungsi balawista yang jumlahnya puluhan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016