Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini M. Soemarno mengatakan UMKM di Indonesia masih memerlukan bimbingan dan pendampingan dalam hal standar pengembangan produk, kualitas, pemanfaatan teknologi dan manajemen.

"UMKM membutuhkan akses ke pasar yang lebih luas melalui pameran dan digitalisasi bisnis, penjualan online, serta dukungan permodalan," kata Rini, di sela Pameran Telkom Craft Indonesia, di Jakarta, Jumat.

Untuk itu menurut Rini, BUMN harus bersinergi membangun Rumah Kreatif BUMN (RKB) di seluruh kota/ kabupaten di Indonesia untuk memberikan solusi permasalahan-permasalahan yang dihadapi UMKM.

Ia menjelaskan, salah satunya sinergi tersebut yaitu melalui Pameran Telkom Craft Indonesia, bagian dari program RKB yang bertujuan untuk membina pelaku UMKM agar memperoleh "access to competence", "commerce" dan capital".

Hingga akhir 2016, terdapat 100 RKB yang telah dibangun oleh BUMN. Selanjutnya 514 RKB akan hadir di kota/kabupaten seluruh Indonesia yang ditargetkan selesai dibangun hingga akhir tahun 2017.

Kementerian BUMN meyakini bahwa kerjasama yang simultan dan seimbang antara BUMN dengan mitra binaannya akan membuka ruang ekonomi yang lebih besar bagi pelaku UMKM daerah dalam rangka pengembangan industri kreatif nusantara.

"Pameran ini diharapkan menjadi wadah bagi para perajin UMKM lokal untuk menciptakan karya konkrit dari sebuah kerajinan serta mengembangkan bisnisnya tidak hanya di Indonesia tetapi juga di ASEAN, bahkan di kancah global," tegas Rini.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga menegaskan Telkom telah berperan dalam mendukung digitalisasi UMKM. Menurutnya, pada era serba digital ini, UMKM memiliki potensi besar untuk menjadi penggerak digital economy ecosystem di Indonesia.

Sebagai penggerak perekonomian bangsa, Alex berharap UMKM mampu bersaing dan maju ke pasar global sesuai tema pameran, yaitu "Local Heroes to Global Champions".

Telcom Craft Indonesia merupakan respon BUMN atas program Nawacita pemerintah untuk membangun dan meningkatkan UMKM dan daya saing di pasar internasional serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Telkom Craft Indonesia menghadirkan 126 UMKM terpilih dari total 125 ribu UMKM binaan Telkom di seluruh Indonesia serta mitra binaan BUMN lain, yang terdiri atas tiga kategori yakni Craft, Fashion dan Food.

Selain menghadirkan produk-produk UMKM terpilih, terdapat juga talk show, konsultasi bisnis, fashion show, fashion tutorial dan penampilan menarik lainnya. Pameran UMKM digital pertama di Indonesia ini pengunjung diajak untuk bertransaksi secara digital menggunakan t-cash dan blanja.com.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017