Kuta (ANTARA News) - Pebalap Australia Nathan Earl James yang membela tim Ukyo dari Jepang menguasai etape pertama balap sepeda Tour de Lombok Mandalika 2017 pada Kamis.

Nathan menyelesaikan etape pertama Tour de Lombok Mandalika 2017 yang menempuh rute Mataram - Pantai Kuta, Nusa Tenggara Barat, dalam waktu 3 jam 16 menit 21 detik.

Pebalap asal Australia itu cukup jauh meninggalkan para pebalap lainnya di finis pertama.

Sementara urutan kedua dan ketiga diraih Ricardo Garcia dari Kinan Cycling Team dan Benjamin Prades Reverter dengan catatan waktu 3 jam 17 menit 47 detik atau selisih satu menit 26 detik dari juara etape pertama.

"Balapan yang bagus. Saya mengawali etape pertama dengan sempurna. Saya mencoba keberuntungan saya dan membalap secara agresif," kata Nathan.

Agresifitas Nathan membawanya sebagai pebalap terbaik etape pertama dengan merebut yellow jersey serta menyabet dua jersey lainnya untuk kategori sprint (Teal Jersey) dan King of Mountain (Polkadot Jersey).

Sedangkan untuk kategori pebalap nasional, Red and White jersey direbut Dadi Suryadi yang membalap untuk Terengganu Sebanyak Team Malaysia dengan catatan waktu 3 jam 25 menit 16 detik.

"Balapan besok kita harus memutar taktik dan akan sangat bekerja keras untuk mempertahankan Yellow jersey," kata Nathan.

Sebanyak 15 tim internasional dan empat tim nasional bersaing di Tour de Lombok Mandalika yang berlangsung pada 13-16 April 2017.

Balap sepeda bertaraf internasional yang sudah mendapatkan lisensi UCI 2.2 tersebut terbagi menjadi empat etape yang menempuh jarak total 485 km.

Etape pertama menempuh rute Mataram-Pantai Kuta sejauh 126,3 km dengan satu titik sprint dan tiga titik tanjakan King of Mountain.

Sementara di etape kedua, pebalap akan melanjutkan balapan dari Pelabuhan Bangsal menuju Senaru sejauh 112,8 km dengan tiga titik sprint dan dua titik tanjakan.

Etape ketiga balapan menempuh rute Pantai Kuta-Sembalun sejauh 134 km dengan tiga titik sprint dan tiga titik KOM dan diakhiri dengan circuit city race di Mataram dengan tiga titik sprint.

Tour de Lombok Mandalika menyediakan total hadiah Rp800 juta kepada para pemenang.

Pewarta: Aditya ES
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017