Pangkalpinang (ANTARA News) - Arus balik di Pelabuhan Belinyu Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, pada H+2 Lebaran 2017, Rabu, masih sepi penumpang kapal laut.

"Penumpang kapal laut yang berangkat dari Pelabuhan Belinyu tujuan Jakarta hanya 95 orang," kata Kepala KSOP Pangkalbalam Adriawan Simanungkalit di Pangkalpinang.

Ia menjelaskan bahwa KM Bukit Raya milik PT Pelni itu berangkat dari Pelabuhan Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau dan bersandar di Pelabuhan Belinyu, Selasa (27/6) pukul 23.30 WIB, kemudian pada hari Rabu subuh berangkat kembali menuju Pelabuhan Tanjung Priok dengan membawa penumpang 270 orang.

"Kapal Motor Bukit Raya akan kembali berlabuh di Pelabuhan Belinyu, Jumat (7/7). Kami perkirakan penumpang kapal juga akan sepi karena jarak Kota Pangkalpinang dengan pelabuhan itu yang cukup jauh," katanya.

Menurut dia, jarak yang jauh tersebut, salah satu alasan calon penumpang lebih memilih Pelabuhan Pangkalbalam atau bandara udara di Kota Pangkalpinang untuk bepergian ke Jakarta atau sebaliknya.

"Masyarakat tentu memilih pelabuhan yang terdekat, apalagi penumpang kapal selama arus mudik pada tahun ini juga mengalami penurunan," katanya.

Meski arus balik di Pelabuhan Belinyu sepi, menurut dia, pengamanan tetap dioptimalkan demi keamanan, kenyamanan, dan ketertiban calon penumpang kapal di pelabuhan itu.

"Posko pengamanan dibuka kembali pada H+1 hingga H+14 Lebaran sebagai antisipasi berbagai hal yang akan mengganggu keamanan dan nyamanan masyarakat yang menggunakan moda transportasi laut di pelabuhan itu," ujarnya.

(T.A065/D007)

Pewarta: Aprionis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017