Jakarta (ANTARA News) - Curiga sedang dibohongi? Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah orang di hadapanmu sedang mengatakan hal sejujurnya atau justru sebaliknya.

Lihat postur tubuh

Orang yang berbohong bisa ketahuan dari bahasa tubuhnya. Seringkali, mereka  akan berusaha membuat tubuh lebih kecil dengan cara membungkuk karena secara tidak sadar mereka berusaha melindungi tubuh saat berusaha menipu Anda.

"Semakin seseorang membiarkan tubuh mereka terbuka, semakin besar kemungkinannya bahwa mereka jujur," kata psikolog John Paul Garrison seperti dilansir Independent.

"Jika Anda melihat seseorang tiba-tiba melakukan perilaku untuk menenangkan diri (misalnya, menyentuh wajah mereka, menggosok dahi mereka) maka mungkin mereka berbohong."

Lihat matanya
Menghindari kontak mata adalah salah satu tanda non-verbal pertama dari orang yang berbohong.

Kontak mata adalah sesuatu yang bersifat pribadi dan intim. Jika seseorang berbohong, mereka sering ingin melepaskan diri dari Anda dan tidak mempersonalisasikan situasinya.

Perhatikan tingkat pergerakan
Pembohong biasanya ingin mengelabui dengan berlagak tenang.

Seringkali mereka akan tetap memegang tangan mereka, duduk diam, berbicara perlahan, dan menjaga agar gerakan wajah mereka seminimal mungkin.

Simak omongannya
Omongan pembohong biasanya tidak konsisten, kecuali mereka memang benar-benar ahli dalam berbohong.

Condong menjauh
Bila tubuhnya condong menjauhi Anda, bisa jadi itu pertanda mereka tidak nyaman karena berbohong.

Jika ini terjadi, condongkan tubuh mendekati mereka. Lihatlah bagaimana responsnya - orang tidak suka didekati saat berbohong.

Lihat respons
Jika Anda menuduh seseorang berbohong atau mempertanyakan cerita mereka, perhatikan bagaimana tanggapan mereka. Orang yang tidak bersalah mungkin tersinggung, namun pihak yang bersalah dapat membela diri lebih jauh lagi.

"Pendusta yang baik seringkali memiliki respons yang cepat dan lancar dan menggunakan taktik yang akan mengalihkan perhatian kembali kepada Anda atau memicu respons emosional di dalam diri Anda yang dapat mengalihkan perhatian dari mereka dan kebohongannya," kata psikolog Manhattan Joseph Cilona.

Perhatikan cara mereka menggelengkan kepala

Salah satu cara mengenali pembohong yang dipraktikkan mantan anggota CIA adalah dengan melihat gelengan kepala. Bila seseorang berkata "iya" namun menggelengkan kepala, bisa jadi dia sedang berdusta.

Amati bila ada perilaku berbeda
Jika orang ini biasanya bawel namun mendadak jadi pendiam saat dikonfrontasi, mungkin dia sedang berbohong.

Percaya naluri
Terkadang naluri Anda mengatakan seseorang sedang berbohong meski tak ada tanda-tanda mencurigakan.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017