Kuala Lumpur (ANTARA News) - Atlet renang Indonesia nomor 50 meter gaya kupu-kupu Triady Fauzy Sidiq harus mengakui kehebatan pesaingnya asal Singapura, Joseph Isaac Schooling,  sehingga ia hanya meraih perak dalam perlombaan pada ajang SEA Games 2017 di National Aquatic Centre Bukit Bintang, Malaysia, Senin.

Triady bahkan harus tertinggal cukup jauh dari peraih emas Olimpiade Brazil nomor 100 meter gaya kupu-kupu itu. Triady yang asal Jawa Barat hanya mampu membukukan catatan waktu 24,01 detik, sedangkan Schooling yang merebut emas mencatatkan waktu 23,06 detik.

Pada salah satu nomor bergengsi ini, untuk medali perunggu direbut oleh atlet asal Vietnam, Paul Le Nguyen dengan catatan 24,37 detik. Selisih catatan waktu antar peraih medali terbilang cukup jauh.

Meski catatan waktunya tertinggal cukup jauh, Triady mengaku bangga bisa bersaing langsung dengan peraih medali emas Olimpiade ini. Apalagi dirinya sudah berusaha menunjukkan kemampuan terbaiknya.

"Saya bangga bisa berhadapan langsung dengan dia. Yang jelas saya selalu fokus dalam menjalani setiap kejuaraan. Termasuk di SEA Games ini," kata Triady usai pengalungan medali.

Menurut dia, pada nomor 50 meter gaya kupu-kupu ini sebenarnya bukan target medali. Namun, apa yang diraih saat ini adalah buah dari kerja keras dan selalu fokus. Adapun target utama dalam perburuan medali emas adalah pada nomor 200 meter gaya ganti.

Selain Triady, atlet renang Indonesia yang mampu berprestasi di hari pertama pelaksanaannya adalah Aflan Fadlan Prawira yang sukses merebut medali emas dari nomor 400 meter gaya bebas dengan catatan waktu 03:54:15. Pada nomor ini, Fadlan harus menyerah dari wakil tuan rumah Welson Wee Sheng Sim dengan waktu 03:50:26.

Pada nomor ini untuk peraih perunggu direbut oleh atlet Vietnam, Huu Kim Son Nguyen setelah mampu membukukan catatan waktu 3:54:20. Satu lagi atlet Indonesia yaitu Putera Muhammad Randa berada di posisi buncit dengan waktu 04:04:20.

"Saya bersyukur bisa kembali meraih medali setelah di hari pertama saya bisa meraih medali perunggu renang perairan terbuka. Hasil disini cukup bagus," kata Fadlan usai pengalungan medali.

Menurut dia, secara umum apa yang dilakukan telah sesuai dengan program yang selama ini dijalankan. Untuk kedepannya tinggal terus mempertahankan apa yang selama ini telah didapat.

Sementara itu, satu medali perak lagi dipersembahkan oleh Nurul Fajar Fitrianti dari nomor 100 meter gaya punggung putri. Sedangkan satu perunggu dipersembahkan dari nomor 4X100 meter gaya bebas putri.

(Baca: SEA Games 2017 - Siman tambah emas Indonesia dari renang gaya punggung)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017