Jakarta (ANTARA News) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mendeklarasikan pembentukan Ikatan Alumni Beasiswa Baznas (IABB) terdiri para penerima beasiswa yang nantinya dapat memicu tumbuhnya kesadaran masyarakat terhadap zakat secara berkelanjutan.

"Agar ini meningkatkan kompetensi dan profesionalitas alumni beasiswa Baznas, membantu Baznas dalam membina penerima beasiswa dan berkontribusi dalam membangun kesadaran masyarakat terhadap zakat," kata Direktur Koordinasi Pendistribusian, Pendayagunaan, Renbang dan Diklat Zakat Nasional Baznas M Nasir Tajang di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan hingga saat ini Baznas telah meluluskan ratusan penerima beasiswa. Dengan dibentuknya Ikatan Alumni Beasiswa Baznas diharapkan para alumni dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh mereka untuk mengabdi kepada umat, bangsa dan negara.

Deklarasi dan pembentukan IABB, kata dia, juga sebagai wadah dan organisasi silaturahim untuk mempersatukan alumni penerima beasiswa Baznas. Organisasi itu diinisasi dan diisi para alumni penerima beasiswa Baznas yang telah menyelesaikan proses akademik di sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Beberapa anggota itu, kata dia, terdiri dari unsur mahasiswa Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Surabaya, Perguruan Tinggi Ilmu Al Quran, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Ibnu Khaldun dan Universitas Islam Negeri Jakarta.

Selain itu, terdapat juga dari Universitas Islam Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga, Universitas Islam Bandung, Universitas Azzahra, Universitas Padjajaran, UNU Surakarta dan Universitas Terbuka.

Nasir mengatakan alumni penerima beasiswa Baznas berasal dari program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) dan Kaderisasi Seribu Ulama (KSU). Total alumni peserta beasiswa Baznas yang menginisiasi IABB sebanyak 73 orang dengan rincian 39 orang berasal dari program SKSS dan 34 orang berasal dari program KSU.

(T.A061/T007)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017