Ungaran, Jawa Tengah (ANTARA News) - Anggota Badan Sosialisasi MPR RI Adrianus Garu menilai keluarga berperan penting dalam upaya memelihara kerekatan antar elemen bangsa di tengah tantangan yang dihadapi saat ini.

Usai membuka Kemah Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jumat sore, Adrianus mengatakan keluarga merupakan hal penting dalam upaya memperkuat persatuan dan ketahanan bangsa.

Dari keluarga yang memiliki kekuatan dan komunikasi yang baik, maka kemudian bisa membangun ketahanan yang lebih kuat dalam entitas yang lebih besar baik kelompok, golongan maupun masyarakat secara luas.

"Jangan sampai kita mudah dipecah belah," katanya.

Anggota MPR RI dari kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tersebut juga mengingatkan saat ini tantangan bagi generasi muda untuk menghadapi paham-paham yang bisa memiliki dampak negatif semakin besar.

"Bagi kita semua bergandengan tangan menjaga, Pancasila seharusnya menjadi bagian dari kehidupan berbangsa," paparnya.

Selain tantangan penyebaran paham yang salah, masyarakat saat ini juga dihadapkan pada penyebaran berita bohong atau hoax.

Untuk itu, Adrianus mengatakan langkah-langkah menghadapi penyebaran berita bohong tersebut perlu diperkuat, salah satunya dengan pendidikan karakter dan juga pemahaman memilah informasi.

Anggota DPD dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut mengapresiasi langkah pemerintah dalam mendorong pembangunan karakter generasi muda melalui berbagai kegiatan kepemudaan termasuk Gerakan Pramuka.

Acara tersebut diikuti oleh 300 Pramuka Penegak dari Kwartir Daerah Jawa Tengah dan akan berlangsung hingga Minggu (24/9) mendatang.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017