Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan menghadiri puncak Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-45 dan Jambore Nasional Kader PKK 2017 di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Senin malam.

Ketua Umum Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Senin, menyebutkan hadir juga dalam acara itu Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Erni menyebutkan tema kegiatan peringatan kesatuan gerak PKK ke-45 dan Jambore Nasional Kader PKK 2017 adalah budaya hidup sehat dengan kesadaran deteksi dini kanker pada perempuan untuk mewujudkan keluarga Indonesia Sejahtera.

Jambore Nasional pada 2017 dilaksanakan pada tanggal 2-4 Oktober 2017 diikuti 1.700 kader PKK.

Kegiatan Jambore Nasional 2017 antara lain pemberian penghargaan kepada pemenang lomba kegiatan PKK tingkat kabupaten dan kota di 24 provinsi dengan jenis lomba antara lain tertib administrasi, pencegahan KDRT, usaha peningkatan pendapatan keluarga.

Juga pemberian penghargaan Adhi Bhakti bagi anggota TP PKK)kader PKK yang secara terus menerus aktif dalam pengabdian pada Gerakan PKK selama 25 tahun, 15 tahun dan 10 tahun.

Kegiatan lain Parade Nusantara yang diikuti 34 provinsi yang menampilkan keragaman budaya adat, keserasian tim, kreativitas dan dinamika tim, keserasian yiel-yiel dan lainnya.

Juga digelar pameran produksi dalam negeri yang diikuti seluruh provinsi dan pelaku usaha di sekitar Jabodetabek.

"Jambore akan ditutup dengan api unggun, menari Gemu Famire dan Poco poco untuk kebersamaan para kader, kami semua berharap dapat berjumpa pada Jambore Nasional Tahun 2018," kata Erni.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017