Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengapresiasi Pemilu yang telah diselenggarakan Jepang pada Oktober 2017.

"Pada kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan selamat atas Pemilu di Jepang yang baru saja berjalan dengan amat sukses," kata Presiden saat menerima mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat.

Menurut Presiden, pemerintah dan rakyat Jepang telah berhasil menciptakan stabilitas politik dalam negeri yang sangat baik.

Jutaan rakyat Jepang pada Minggu (22/10) menyalurkan suara pilihan yang menghasilkan mandat baru untuk Perdana Menteri Shinzo Abe setelah Koalisi Demokrat Liberal (LDP) pimpinan Abe meraih 311 kursi atau mempertahankan dua per tiga jumlah majelis rendah beranggotakan 465.

Fukuda sendiri berterimakasih atas pertemuannya dengan Presiden Jokowi. Fukuda membahas potensi kerja sama ekonomi bersama pemerintah Indonesia.

"Adalah kehormatan besar bagi saya dapat diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Yang Mulia Bapak Presiden Republik Indonesia bersama dengan anggota delegasi saya yaitu dari Asosiasi Jepang-Indonesia atau JAPINDA," ujar Fukuda.

Fukuda, mantan Perdana Menteri Jepang yang diangkat pada September 2007, juga membawa sejumlah pengusaha besar Negeri Sakura dalam pertemuan tersebut.

Dia menjabat Presiden JAPINDA dan menemui Presiden Jokowi dengan membawa sejumlah delegasi antara lain Wakil Presiden JAPINDA Naoki Kuroda, Duta Besar Jepang untuk RI Masafumi Ishii, Utusan Khusus Kerja Sama Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Jepang Yutaka Imura, Direktur Perusahaan Taisei Takashi Yamauchi, dan Direktur Perusahaan Sumitomo Kazuo Ohmori.

Sedangkan Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017