Jakarta (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan mengirimkan tim guna membantu penanganan bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Sekretaris Baguna PDI Perjuagan Alvian Feoh yang memimpin lagsung personil Baguna ke Pacitan nengungkapkan, aktivitas membantu korban bencana di Kabupaten Pacitan sudah dimulai dari tanggal 2 Desember 2017. Ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh Baguna PDI Perjuangan yakni pelayanan kesehatan, dapur umum, pembagian sembako dan bersih kampung.

"Tim Baguna terdiri dari 15 personil Baguna Pusat dan Struktural DPC ditambah 50 orang relawan PDI Perjuangan Kabupaten Pacitan yang bertugas membantu membersihkan rumah- rumah warga yang terdampak," kata Alvian, dalam keterangan persnya, Senin (4/12).

Alvian mengatakan pembagian logistik dilakukan di enam titik kecamatan dengan jumlah 6.000 paket. Masing- masing kecamatan di distribusikan 1.000 paket logistik yang terdiri dari selimut, sabun mandi, pampers, gula pasir, beras, mie instant dan minyak goreng.

Adapun untuk kegiatan dapur umum setiap hari Baguna PDIP menyiapkan 1000 bungkus dan didistribusikan di rumah-rumah warga dimana rumahnya mengalami kerusakan berat. Kemudian untuk kegiatan bersih kampung, Baguna PDI Perjuangan yang dipimpin oleh  Bambang Gunawan dan Imam Taryudi bersama Pengurus DPC PDI Perjuangan dan relawan partai yang berjumlah 50 orang membantu membersihkan rumah-rumah warga di kelurahan Arjowinangun dan Tanjung Sari.

"Rencana dalam lima hari kedepan tim bersih kampung akan secara masif melakukan bersih-bersih lingkungan," ungkap Alvian.

Dalam melakukan aktivitas membantu korban, lanjut Alvian, personil Baguna senantiasa berpedoman pada pesan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bahwa dalam membantu korban jangan pernah membedakan warna kulit, agama, apalagi pilihan politik. Sebab, semua anak bangsa harus senantiasa bergotong royong membatu sesama warga bangsa.

"Dengan berpedoman pada pesan Ibu Mega, personil  tetap semangat. Karena hakikatnya Baguna adalah alat perjuangan partai di bidang kemanusiaan," tuturnya.

Alvian juga sekaligus menyampaikan instruksi Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto agar Baguna langsung turun ke Pacitan membantu korban.

Sementara itu, terkait dengan kondisi korban, kata Alvian, berdasarkan laporan lagsung dari dr. Djanet (dokter Baguna) bahwa banyak pasien menderita sakit ISPA dan penyakit kulit. Baguna PDI Perjuangan akan sekuat tenaga membantu para korban agar kembali sehat.


Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017