Blitar (ANTARA News) - Puncak pelaksanaan Kirab Pemuda 2017 yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Blitar, Jawa Timur, Kamis, dimanfaatkan oleh Menpora Imam Nahrawi untuk mengobarkan semangat masyarakat dalam menyambut dan mensukseskan Asian Games 2018.

"Bung Karno merupakan penggagas Asian Games 1962 dan tahun depan kita mendapatkan kepercayaan lagi menjadi tuan rumah. Makanya semangat 1962 harus kembali hadir untuk Asian Games 2018," kata Menpora Imam Nahrawi di puncak Kirab Pemuda.

Asian Games 2018 Jakarta-Palembang merupakan hajatan besar bangsa Indonesia, untuk semua lapisan masyarakat. Para pemuda pun dituntut peran sertanya demi kesuksesan kejuaraan empat tahunan terbesar di Asia itu seperti Asian Games 1962.

Kepada pemuda yang hadir termasuk tim inti dari Kirab Pemuda 2018, orang nomor satu di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu mengatakan, kebhinnekaan diharapkan menjadi penyemangat dan media pemersatu untuk meraih prestasi tertinggi.

Kirab Pemuda 2018 merupakan salah satu program unggulan Kemenpora. Program ini tidak hanya untuk napak tilas kebhinnekaan namun juga dijadikan ajang promosi pariwisata lokal dan mendorong potensi daerah dan diharapkan mampu memunculkan ikon-ikon pemuda kreatif.

Para pemuda terpilih dari 34 provinsi mendapatkan kesempatan berkeliling ke 100 kabupaten/kota di Indonesia untuk melihat secara dekat keberagaman yang ada serta bagaimana mengenalkan budaya asal peserta kepada masyarakat di daerah yang dikunjungi.

Setelah 72 hari berkeliling Indonesia, 73 pemuda ini --yang diberangkatkan dari Miangas, Sulawesi Utara dan Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur pada 26 September-- kemudian berkumpul dan bertemu di Blitar.

"Mereka bukan hanya peserta Kirab Pemuda saja, namun lebih dari itu. Mereka adalah saksi mata betapa Indonesia adalah negara yang luar biasa, melimpah kekayaannya dan luar biasa keberagamannya. Dengan kepada sendiri mereka merasakan langsung betapa Bhinneka Tunggal Ika adalah kenyataan dan bukan sekedar slogan," kata pria yang akrab dipanggil Cak Imam itu.

Puncak Kirab Pemuda 2017 juga dihadiri oleh perwakilan kabupaten/kota yang disinggahi selama keliling Indonesia. Selain itu juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang pada acara tersebut juga memberikan semangat pada perwakilan pemuda dari seluruh Indonesia.




Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017