Bandung (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (PTKAI) menyampaikan gempa bumi di Tasikmalaya yang mengguncang daerah Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah tidak mengganggu rute perjalanan kereta api pada rute jalur selatan Jabar.

"Pasca gempa yang terjadi tadi malam dan juga gempa susulan tadi pagi, regu siaga kami langsung turun ke lapangan untuk memeriksa kondisi prasarana di wilayah Daop 2 Bandung, alhamdulillah semuanya dalam keadaan baik, dan tetap aman untuk operasional kereta api," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus melalui siaran pers, Sabtu.

Ia menuturkan, gempa berkekuatan 6,9 skala richter di wilayah Tasikmalaya itu terjadi, Jumat (15/12) malam dilaporkan terasa ke beberapa daerah di Jabar maupun Jawa Tengah.

Namun gempa tersebut, kata dia, berdasarkan hasil pemantauan semua prasarana kereta api di wilayah Daop 2 Bandung terutama di jalur yang dekat dengan pusat gempa dalam keadaan aman.

Petugas Daop 2 Bandung, lanjut dia, selalu siaga untuk segera mengecek kondisi rel, jembatan, terowongan, stasiun, dan persinyalan yang menunjang operasional kereta api.

"Kondisi ini tetap dipantau dan jadi perhatian pihak PT KAI, untuk itu, petugas-petugas pemeriksa rutin dan juga petugas tambahan tetap disiagakan di seluruh lintas," katanya.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak khawatir saat menggunakan transportasi kereta api karena kondisinya sudah dipastikan aman.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, kondisi jalur kereta api tetap aman untuk dilintasi," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017