Bandung (ANTARA News) - Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP Erik Bangun Prakasa menyatakan, jalur wisata di Kabupaten Garut cukup berbahaya karena memiliki medan jalan di daerah ketinggian dan kontur tanah rawan longsor sehingga pengendara harus hati-hati saat melintas.

"Jalur wisata di Garut ini sangat esktrem," kata Erik kepada wartawan di Garut, Selasa.

Ia menuturkan, Kabupaten Garut memiliki banyak wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah menggunakan kendaraan pribadi dan bus.

Secara khusus Erik menunjuk jalur yang dianggapnya berbahaya, menuju wisata air panas Darajat di Kecamatan Pasirwangi dan wisata alam Gunung Papandayan.

Jalur ini dianggap Erik memiliki tekstur jalan yang berbahaya karena berada pada ketinggian dengan jalan cukup terjal. Kendaraan yang akan melintasi jalur harus dalam kondisi baik, terutama memeriksa terlebih dahulu fungsi rem demi menghindari kecelakaan.

"Saya merekomendasikan kendaraan harus sehat, rem harus dicek," kata Erik.

Ia juga memastikan polisi telah disiagakan di jalur ini dan juga lokasi wisata. Bahkan dia telah memerintahkan anak buahnya memeriksa kelayakan bus pariwisata yang akan menuju jalur wisata ini.

"Jika tidak layak jalan, maka akan dibalikarahkan atau dilakukan penilangan," kata Erik.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017