Cirebon (ANTARA News) - Kapolda Jawa Barat, Irjen Agung Budi Maryoto memimpin apel bersama dan gebyar deklarasi damai Pilkada Serentak Kota Cirebon sebagai bagian tahapan untuk menghadapi persiapan pesta demokrasi.

"Apel bersama ini bertujuan untuk melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana TNI-Polri guna mensukseskan Pilkada 2018," kata Agung di Cirebon, Senin.

Dia mengatakan tahapan pilkada sudah mulai dari tanggal 27 Desember 2017 sampai 23 juli 2018 dan untuk pelaksanaan pilkada tanggal 27 Juni 2018.

Sehingga pelaksanaan pilkada tinggal beberapa waktu lagi dan untuk masyarakat yang memilih agar sesuai dengan hati nuraninya.

"Polda Jabar akan berkoordinasi dengan instansi terkait yaitu KPU dan Panwaslu berkaitan dengan pelaksanaan kampanye dan apabila tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan akan dilakukan tindakan tegas," tuturnya.

"Pelanggaran yang ditemukan dengan mengedepankan prosedural dan profesional," ujarnya.

Agung menambahkan dengan adanya ikrar damai yang dilakukan oleh perwakilan masyarakat diharapkan pilkada dapat berjalan aman dan kondusif.

Menurutnya kesuksesan terletak pada masyarakat TNI, Polri yang solid sehingga diperlukan loyalitas kepada negara.

"Kami mengimbau kepada KPU dan Panwaslu menjaga netralitas dengan tidak berpihak kepada salah satu calon sehingga terwujud aman dan damai," katanya.

"Diharapkan untuk pelaksanaan Pilkada di Jawa Barat dan khususnya di Kota Cirebon dapat terlaksana aman dan damai," katanya lagi.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018