Jakarta (ANTARA News) - Grup band Endank Soekamti meluncurkan laman karaoke http://soekamtikaraoke.com bertajuk "Salam Indonesia" yang dapat digunakan penggemar bermusik secara daring dari berbagai penjuru.

Lewat siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin, Endank Soekamti menawarkan lagu-lagu dari album "Salam Indonesia". Laman daring itu menawarkan lagu karaoke band asal Yogyakarta tersebut yang bisa diatur minus vokal dan bagian lain dari lagu, seperti drum, bass atau gitar.

Dengan fitur-fitur di laman karaoke itu membuat pengunjung situs leluasa mengganti bagian-bagian dari lagu, baik itu bagian vokal, drum, bass atau gitar.

Peluncuran Soekamti Karaoke itu mengikuti jejak album sebelumnya yaitu "Soekamti Day" yang juga menawarkan versi karaoke untuk para penikmat karya Endank Soekamti dari seluruh dunia.

Manajemen band tersebut menyebutkan fitur karaoke itu memberikan keleluasaan publik untuk mengolah kembali lagu-lagu Endank Soekamti. Dengan mengusung semangat "open source", Endank Soekamti ingin masyarakat berekspresi secara bebas dengan mengolah berbagai variasi musik dari lagu-lagu band tersebut.

Dengan begitu, akan banyak bermunculan lagu-lagu milik Endank Soekamti dengan versinya masing-masing. Masyarakat agar tidak hanya berperan sebagai pendengar dan penikmat karya-karya Endank Soekamti saja tapi juga aktif merekayasa dan memoles karya tersebut sesuai kemampuan dan keinginan mereka.

Endank Soekamti juga mengajak masyarakat yang telah mengaransemen musik versinya sendiri supaya mempublikasikan karyanya di media sosial. Masyarakat yang mengaransemen lagu-lagu itu agar mencantumkan kata kunci bertagar #SoekamtiKaraoke di media sosialnya agar lebih banyak orang yang mengetahui dan menikmati hasil karya tersebut.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018