Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengutuk keras tindakan penyerangan di Gereja Katolik Santa Lidwina di Jalan Jambon, Bedhog, Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Minggu (11/2), dan meminta aparat penegak hukum menindak tegas pelakunya.

"Saya mengutuk keras tindakan penyerangan terhadap Romo Karl Edmund Priery, aparat, dan warga lainnya yang menjadi korban penyerangan," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Dia meminta aparat Kepolisian bergerak cepat agar tidak ada pihak-pihak yang memanfaatkan kejadian ini untuk menciptakan kegaduhan sosial politik dan keagamaan.

Bambang yang juga politisi Partai Golkar itu menilai tindakan kriminal itu harus segera diproses hukum, dan apabila polisi tidak bergerak cepat, dikhawatirkan akan ada pihak yang memprovokasi masyarakat sehingga kerukunan dan kedamaian bisa terganggu.

"Saya tegaskan, negara kita tidak memberikan ruang toleransi bagi para pelaku tindakan kekerasan. Apalagi ini bisa mengganggu kerukunan dan keharmonisan dalam masyarakat. Saya harap polisi bisa segera mengusut tuntas hal ini," ujarnya.

Meskipun demikian Bambang yakin masyarakat Indonesia sudah cerdas dalam menilai situasi sehingga tidak akan mudah diadu domba.

Menurut dia, tindakan persekusi ataupun kekerasan terhadap seseorang tidak pernah dibenarkan dalam hukum maupun ajaran agama manapun.

Namun, Bambang juga meminta masyarakat tidak terprovokasi atas tindakan persekusi itu dan masyarakat sebaiknya tetap waspada terhadap upaya mengadu domba antarumat beragama.

"Saya harap masyarakat tidak terprovokasi, apalagi mengaitkan ini dengan kondisi sosial politik maupun keagamaan," ujarnya.

Bambang menilai, masyarakat Indonesia terkenal dengan budaya rukun dan guyub sehingga tidak ada dasar agama maupun budaya yang mendidik untuk melakukan tindakan kekerasan.

Bambang pada Minggu (11/2) mengunjungi langsung tempat kejadian perkara (TKP) bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BNN Komjen (Pol) Budi Waseso, dan Kabareskrim Komjen (Pol) Ari Dono.

Baca juga: Ketua DPR dan Panglima TNI datangi Gereja Santa Lidwina

Bambang bersama para pejabat pertahanan dan keamanan itu langsung masuk ke dalam gereja untuk melaksanakan pengecekan langsung dan mereka juga sudah bertemu dengan pengurus gereja maupun aparat keamanan setempat.

Sebelumnya, peristiwa penganiayaan berupa pembacokan terhadap empat orang terjadi di Gereja St Lidwina, Jambon Trihanggo, Gamping, Sleman, DI Yogyakarta pada Minggu (11/2) pagi.

"Betul, kejadian sekitar pukul 07.30 WIB pagi tadi," kata Kapolda D.I. Yogyakarta, Brigjen Pol Ahmad Dofiri saat dihubungi dari Jakarta, Minggu (11/2).

Dari empat korban, dua orang merupakan jemaat gereja, seorang pendeta dan seorang polisi.

Baca juga: Tiga korban penyerangan gereja Yogyakarta dirawat di Panti Rapih


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018