Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah daerah merealisasikan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Hal itu sebagai bentuk keseriusan daerah dalam meningkatkan pendidikan bisa terlihat pada pengalokasian dana di APBD," kata Bambang di Jakarta, Senin (12/2) malam.

Bambang mengatakan hal itu untuk merespons ketidakseriusan Pemda dalam mengalokasikan 20 persen dana dari APBD untuk sektor pendidikan padahal, jumlah dana transfer dari pemerintah pusat ke daerah meningkat.

Menurut dia, DPR mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) lebih sinkron dalam hal penggunaan anggaran pendidikan di APBD.

"Komitmen pemerintah daerah dalam mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk sektor pendidikan dinilai masih belum efektif. Kami juga meminta Komisi X DPR mendesak Kemendikbud untuk mendorong pemda mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk pendidikan," ujarnya.

Selain itu dia juga meminta Komisi X DPR mengevaluasi pengalokasian dana 20 persen dari APBD untuk pendidikan.

Hal itu menurut dia agar target dari pembangunan pendidikan oleh pemerintah dapat tercapai dan tepat sasaran.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018