London (ANTARA News) - Kedutaanbesar Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan (TSV), mengadakan acara Working Luncheon bagi Kepala Perwakilan negara-negara yang tergabung dalam MIKTA yang terdiri Meksiko, Indonesia, Republik Korea, Turki, dan Australia yang terakreditasi untuk TSV bertempat di Wisma Duta, Vatikan, Italia, Selasa.

Pensosbud KBRI Vatikan Wanry Wabang kepada Antara London, Selasa sore mengatakan hadir pada luncheon ini Dubes RI untuk TSV A. Agus Sriyono, Dubes Republik Korea Baek Man Lee, Dubes Turki Mehmet Pacaci, Dubes Australia Melissa L. Hitchman, dan Wakil Dubes Meksiko Francisco de Paula.

Dikatakan dalam jamuan santap siang ini para Dubes sepakat untuk merencanakan penyelenggaraan seminar bertema counter-terrorism bekerja sama dengan sebuah universitas terkemuka di Vatikan pada bulan Oktober mendatang.

Sejumlah ahli terkait pencegahan, penanggulangan, dan rehabilitasi pelaku terorisme akan diupayakan hadir sebagai pembicara. Isu ini disepakati oleh para Dubes MIKTA untuk dijadikan tema seminar mengingat global security and counter-terorism merupakan salah satu dari tujuh isu prioritas MIKTA.

Pada tahun 2018 Indonesia dipercaya sebagai koordinator MIKTA yang akan fokus pada penguatan ekonomi kreatif dan perdamaian global. Selain sejumlah pertemuan tingkat tinggi, Indonesia akan mengadakan beberapa program pengenalan MIKTA (outreach dan people-centered) seperti: MIKTA Goes to Campus, MIKTA FUN Walk, Workshop on Women in Peacekeeping, dan sebagainya.

MIKTA merupakan forum kerja sama yang digagas pada pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di Los Cabos, Meksiko dan resmi berdiri pada tahun 2013 dengan tujuan mendukung penguatan global governance dan perlindungan terhadap global public goods melalui inisiatif kerja sama inovatif antar kawasan. MIKTA juga berperan sebagai 'consensus maker' dan 'bridge builder' antar negara berkembang dan maju.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018