PM China akan kunjungi Indonesia

PM China akan kunjungi Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri dan Penasehat Negara China Wang Yi sambil berpose untuk media sebelum pertemuan dua negara di Kediaman Tamu Negara Diaoyutai, Beijing, China, Kamis (12/4/2018). (Parker Song/Pool via REUTERS)

Beijing (ANTARA News) - Perdana Menteri China Li Keqiang akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia sebagaimana disampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

"Beliau akan ke Indonesia tanggal 6 Mei mendatang," kata Luhut kepada Antara di Beijing, Sabtu.

Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Beijing pada 12-14 April 2018, Menko mendapatkan kesempatan bertemu PM Li di ruang kerjanya di Beijing.

Menurut dia, PM Li dijadwalkan diterima Presiden Joko Widodo pada 6 Mei 2018.

"Pada tanggal 7-8 beliau masih ada kegiatan juga di Indonesia, tapi pada tanggal 8 itu juga langsung cabut," kata jenderal purnawirawan TNI itu.

Li yang terpilih sebagai perdana menteri untuk periode keduanya pada Maret 2018 itu akan melakukan pembicaraan mengenai tindak lanjut inisiatif Jalur Sutera dan Jalur Maritim Abad ke-21 atau "Belt and Road" di Indonesia.

Selain itu, kunjungan PM China tersebut akan membahas masalah kelanjutan proyek pembangunan jaringan kereta api cepat Jakarta-Bandung dan peningkatan hubungan kerja sama perdagangan.

Li Keqiang terakhir kali melakukan kunjungan ke Indonesia pada 2008 saat masih menjabat Wakil PM China.

Kunjungan kepala pemerintahan China itu merupakan balasan atas kunjungan Presiden Jokowi ke negara berpenduduk terbesar di dunia itu pada tahun lalu.

Baca juga: Indonesia-China teken kerja sama Jalur Sutera 23,3 miliar dolar
Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018