Rabat (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membubuhkan pesan penyemangat ketika mengisi buku tamu Wisma Duta Indonesia yang berlokasi di Rue Bani Hakim Nomor 122, Rabat, Maroko, Selasa (17/4) setempat.

"Alhamdulillah sebuah kebahagiaan tersendiri bisa silaturahmi di Rabat Insyaallah dari rumah Indonesia ini akan terus mengalir pesan - pesan membanggakan tentang Indonesia untuk bangsa Maroko," demikian tulis Anies di buku tamu tersebut.

Anies berkunjung ke Maroko memenuhi undangan Wali Kota Casablanca, Abdeelaziz Omari, untuk menghadiri konferensi smart city, "The Third Edition of Smart Cities African Casablanca 2018".

Anies dijadwalkan menjadi pembicara utama dalam sesi "Strategic Masterplanning Green Urban Development" konferensi tersebut di Grand Hyatt Resort, Casablanca, Maroko, Rabu setempat.

Selain itu, Anies dan Omari juga melakukan pertemuan bilateral guna membahas peningkatan hubungan sister city antara Jakarta dan Casablanca, yang sudah dijalin sejak 1991, dengan fokus pembahasan bidang-bidang kerja sama untuk tahun 2019.

Di antaranya dibicarakan tentang pertukaran tenaga ahli/pegawai bidang teknologi informasi serta pemberian pelatihan pemadam kebakaran kepada pemadam kebakaran Casablanca.

Selain itu, dibicarakan juga kerja sama promosi seni budaya dan pariwisata kedua kota serta partisipasi Qori dan Qoriah Jakarta pada MTQ Internasional di Casablanca.

Dalam kunjungan kerja keluar negeri pertamanya sejak menjabat Gubernur DKI Jakarta tersebut, kedatangan Anies disambut oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Maroko, E. D. Syarief Syamsuri beserta istri, Ela Syarief.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018