Pontianak (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara meresmikan Media Center Kota Singkawang, Senin.

"Saya berharap keberadaan Media Center ini mampu menjadi wadah interaktif antara Pemerintah Kota dengan masyarakat Singkawang," kata Rudiantara.

Media Center Kota Singkawang ini merupakan satu satunya Media Center yang diresmikan langsung Menteri Komunikasi dan Informatika RI di Indonesia.

"Media Center ini harus menjadi pusat pemberitaan dan komunikasi yang sifatnya interaktif bukan komunikasi satu arah sehingga terjadi dialog membangun," ujarnya.

Keberadaan Media Center ini, katanya, harus mampu membangun "engagement" masyarakat bahwa semua lapisan ini menjadi bagian dari media center.

"Artinya adanya keterlibatan aktif masyarakat senantiasa menyampaikan dan menyebarluaskan berita maupun informasi yang bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie berterima kasih atas kunjungan Menkominfo ke Kota Singkawang dalam rangka peresmian Ring Palapa Barat di Singkawang sekaligus meresmikan Media Center Kota Singkawang.

Dalam peresmian Media Center tersebut Wali Kota Singkawang menyampaikan bahwa keberadaan Media Center di Kota Singkawang sudah ada sejak tahun 2009.

"Bahkan Media Center Kota Singkawang ini pernah meraih prestasi yang membanggakan khususnya di tahun 2010 dan 2013 sebagai salah satu media center terbaik di Indonesia," ujarnya.

Tentu, katanya, dengan adanya Media Center ini dia selaku Wali Kota berharap masyarakat bisa mendapatkan informasi yang positif dan bermanfaat.

Bahkan Media Center, tambah dia, bisa dan mampu menjadi wadah dalam membina dan mengembangkan masyarakat memanfaatkan informasi teknologi yang cerdas di era digital saat ini.

Selain itu, dia juga berharap keberadaan Media Center ini mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan terutama sharing informasi dalam rangka menyukseskan pembangunan di Kota Singkawang.

"Semoga Media Center menjadi mitra bagi semua lapisan masyarakat baik awak media, Blogger, Vlogger, penggiat media sosial dan komunitas lainnya," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang, Ahyadi berucap syukur atas peresmian Media Center Singkawang oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

"Ini merupakan satu satunya media center di Indonesia yang langsung peresmiannya dilakukan Menteri Komunikasi dan Informatika RI," katanya.

Apa yang menjadi harapan Menkominfo RI dan masyarakat akan keberadaan Media Center ini akan menjadi pengiring tujuan akan keberadaan Media Center.

"Kita ingin Media Center ini menjadi pusat komunikasi dan penyebaran informasi yang bermanfaat bagi pembangunan terutama dalam rangka menyukseskan Singkawang Hebat," ujarnya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018