Toboali (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiagakan 50 bus mengantisipasi lonjakan penumpang selama arus mudik Lebaran 1439 Hijriah.

"Kami dapat memastikan 50 unit angkutan darat yang disiapkan mencukupi melayani warga yang akan pulang kampung merayakan Idul Fitri nanti," kata Kepala Bidang Perhubungan Darat DPUPRHUB Kabupaten Bangka Selatan Khairul di Toboali, Sabtu.

Ia mengatakan saat ini jumlah bus yang beroperasi rutin sebanyak 30 unit di trayek Pangkalpinang - Toboali, Sadai - Toboali.

"Kami telah berkoordinasi dengan pengelola bus dan mereka menyatakan siap untuk membantu kelancaran arus mudik pada Lebaran tahun ini," katanya.

Menurut dia dengan jumlah armada ada saat ini sudah sangat mencukupi untuk membantu kelancaran arus mudik lebaran mendatan, meskipun terjadi lonjakan penumpang menjelang lebaran.

"Jika terjadi lonjakan penumpang, kami akan menambah 12 bus angkutan sekolah yang siap difungsikan, namun jika kita berkaca pada tahun sebelumnya maka lonjakan pemudik menjelang lebaran tidak sangat begitu signifikan," katanya.

Selain itu, masih banyak lagi kegiatan yang akan dilakukan oleh DPUPRHUB Bangka Selatan sebelum pelaksanaan mudik lebaran tahun 2018 berlangsung.

"Dalam waktu dekat kami melakukan cek kendaraan dan kesiapan para sopir di terminal. Kami sedang berkoordinasi dengan Satlantas Polres Bangka Selatan, BNN dan Dinkes terkait aspek teknisnya nanti," ujarnya.

Baca juga: Terasi Toboali paling laris dengan kualitas super

Pewarta: Kasmono
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018