Jakarta (ANTARA News) - Petugas Polda Metro Jaya mengingatkan cara aman mudik yang menggunakan sepeda motor agar tidak menambah "aksesoris" seperti kayu panjang pada bagian belakang.

"Jangan menambah aksesoris artinya ada tambahan kayu panjang dikasih barang bawaan itu sangat berbahaya untuk keselamatan lalu lintas," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta Selasa.

Argo juga mengimbau pemudik memeriksa dan melengkapi kendaraan roda empat dan roda dua, serta pengemudi menjaga kondisi fisik atau memanfaatkan tempat istirahat di sepanjang jalan tol.

"Jangan memaksakan untuk berangkat terus tapi berhenti ada beberapa rest area sudah bisa digunakan," tutur Argo.

Argo menyatakan terdapat beberapa rest area di sepanjang jalan tol yang masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya akan ditempatkan sejumlah anggota kepolisian tidak berseragam resmi.

Argo menjelaskan keberadaan anggota tidak berseragam itu guna memeriksa dan mengatur keluar-masuk kendaraan milik pemudik di rest area.

"Jadi tidak semua pemudik tidur di rest area tapi diatur untuk menjaga barang bawaan," ungkap Argo.

Argo juga mengingatkan pemudik yang meninggalkan rumah memeriksa saluran dan kabel listrik guna menghindari musibah kebakaran.

Terkait persiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2018, Argo mengatakan Polda Metro Jaya mengerahkan 5.200 personel.

Menurut Argo, aparat kepolisian dan petugas Jasa Marga telah menyiapkan rencana untuk mengatasi kemacetan di Jalan Tol Bekasi-Cikarang.

"Kalau tol macet itu sudah kita rencanakan semuanya itu sudah kita lakukan seperti tahun yang lalu," ungkap Argo.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018