Bekasi (ANTARA News) - Lalu lintas kendaraan pemudik balik di tol Jakarta-Cikampek pada Minggu malam mulai padat sehingga kepolisian memperpanjang rekayasa contra flow di jalur ini.

"Lonjakan malam ini ditandai dengan pemberlakuan contraflow atau rekayasa lalu lintas lawan arah dari KM53 hingga KM41 arah Jakarta," kata Media Relations Manager PT Jasa Marga Herald Galingga dalam siaran pers yang diterima Antara di Bekasi Minggu.

Menurut dia, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek berkoordinasi dengan pihak kepolisian memperpanjang contraflow untuk terus berupaya mencairkan kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

"Atas diskresi dari pihak Kepolisian, Jasa Marga memberlakukan perpanjangan contraflow dimaksud mulai pukul 19.50 WIB," katanya.

Untuk mendukung kelancaran contraflow, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek menyiagakan petugas pengaturan lalu lintas dan penyiapan rambu-rambu.

Baca juga: H2 Lebaran, tol Jakarta-Cikampek contraflow mulai km 35

Sementara itu Pantauan Antara melalui layar CCTV Sentral Komunikasi Jasa Marga di Rawapanjang Kota Bekasi, Minggu malam, situasi lalin terpantau lancar dari KM41 hingga Gerbang Tol Cikarang Utama.

Antrean transaksi di GT Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi untuk arah Jakarta rata-rata mencapai 8-10 kendaraan.

Sedangkan antrean di GT Cikarang Utama terpantau 3-5 kendaraan.

Dari GT Cikarang Utama hingga KM39 lancar, kepadatan menjelang akses keluar contraflow arah Jakarta di Km 41.

Kepadatan terparah nampak pada pertemuan arus dari Tol Purbaleunyi dengan arus dari Cikampek di K 65 hingga KM53.

Kendaraan di lokasi tersebut melaju dengan rata-rata kecepatan 0-40 km per jam.

Baca juga: H+3 lawan arus tol Jakarta-Cikampek dihentikan

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018