Bandarlampung (ANTARA News) - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung nomor urut 2, Herman HN-Sutono menegaskan siap membangun sektor pendidikan di Provinsi Lampung sebagai komitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia daerah ini.

Calon gubernur Herman HN, di Bandarlampung, Sabtu, mengatakan untuk menopang penguatan SDM itu pendidikan merupakan hal utama, sehingga untuk meningkatkan keinginan bersekolah, bersekolah harus digratiskan.

"Sekolah harus gratis hingga lulus SMA/SMK karena rata-rata penduduk Lampung hanya bersekolah 7,63 tahun atau baru sampai SMP pada tahun 2017. Dengan sekolah gratis, orang tua hanya perlu memikirkan ongkos pergi ke sekolah. Jika mengadopsi sistem bina lingkungan, maka ongkosnya dapat ditekan karena bersekolah dekat rumah," ujar Herman HN yang juga Wali Kota Bandarlampung nonaktif itu pula.

Ia menambahkan, selain menggratiskan biaya sekolah, Herman HN-Sutono juga akan menambah jumlah sekolah.

"Tahun ini Lampung baru memiliki 769 sekolah. Jumlah ini harus ditambah, terutama di kabupaten dan kota seperti Mesuji, Pesisir Barat, Way Kanan, dan Lampung Barat," kata Herman HN pula.

Sedangkan calon wakil gubernur Sutono mengatakan, untuk meningkatkan mutu pendidikan, maka kompetensi tenaga pengajar juga harus ditingkatkan.

"Guru honorer juga harus ditingkatkan kesejahteraannya. Pengangkatan guru honor akan dilakukan secara bertahap sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar mantan sekdaprov Lampung ini pula.

Pilgub Lampung 27 Juni 2018 diikuti empat pasangan calon, yaitu M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri (petahana), Herman HN-Sutono, Arinal Djunaidi-Chusnunia, dan Mustafa-Ahmad Jajuli.
 

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018