Contra flow kembali diberlakukan di KM47-KM35 Cikampek

Contra flow kembali diberlakukan di KM47-KM35 Cikampek

Suasana kepadatan kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (20/6/2018). Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah ke Jakarta dari Tol Cipali hingga Gerbang Tol Cikarang Utama untuk memperlancar arus balik Lebaran 2018. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Karawang (ANTARA News) - PT Jasa Marga kembali memberlakukan sistem lawan arus (contra flow) sepanjang dua belas kilometer di Karawang Barat KM 47 hingga Cibatu KM 35 Tol Jakarta Cikampek (Japek) arah Jakarta untuk mengurangi kepadatan volume kendaraan pada Sabtu malam atau H+7 Lebaran.

"Iya benar, saat ini sedang diberlakukan contraflow dari KM 47 sampai KM 35 arah Jakarta, karena padatnya kendaraan dan ada penyempitan lajur," kata petugas call centre Jasa Marga Tika saat dikonfirmasi Antara di Karawang, Jawa Barat, Sabtu.

Dari pantauan Antara, dari Dawuan KM 66 hingga KM 65 relatif lancar, namun volume kendaraan padat mulai KM 64 hingga menjelang Rest Area KM 62.

Dalam keterangan di linimasa akun resmi lalu lintas PT Jasa Marga @PTJASAMARGA juga disebutkan pemberlakuan contraflow disebabkan padatnya volume kendaraan mulai dari Dawuan KM 64 hingga Karawang Barat KM 47 arah Jakarta.

Baca juga: Tol Jakarta-Cikampek lancar pada H+7 Lebaran

"Dawuan KM 64 - KM 61 arah Jakarta PADAT, kepadatan volume lalin. Karawang Timur KM 55 - KM 52 arah Jakarta PADAT, kepadatan volume lalin. Karawang Barat KM 49 - KM 47 arah Jakarta PADAT, kepadatan di lajur Masuk Contraflow/kanan," cuit akun tersebut.

Jasa Marga mengimbau seluruh pengguna jalan untuk berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Pada Jumat (22/6) lalu, PT Jasa Marga atas diskresi pihak kepolisian juga memberlakukan contraflow sepanjang enam kilometer di KM 47 sampai KM 41, kemudian diperpanjang menjadi dua belas kilometer dari KM 53 hingga KM 41 Tol Jakarta Cikampek (Japek) arah Jakarta.

Pada H+7 Lebaran sendiri dari pagi hingga sore lalu lintas di Tol Jakarta Cikampek relatif lancar dan volume kendaraan relatif lengang.

Baca juga: Jakarta kembali ramai, arus balik di tol mulai lengang
Pewarta : Citro Atmoko
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018