Jakarta (ANTARA News) - Tim sepak bola Akademi Persib Bandung atas nama Timnas Pelajar U-12 mewakili Indonesia pada turnamen Dreams Come True International Youth Football Tournament di China, 17-22 Juli.

Keberangkatan tim dilepas langsung oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta di Media Center Kemenpora Jakarta, Jumat. Hadir dalam kesempatan tersebut dari pihak Royal Production dan Badan Koordinasi National Garda Mencegah dan Mengobati (GMDM).

"Kompetisi bagi usia muda itu sangat penting karena dari kecil harus mulai dimatangkan baik dalam turnamen di dalam dan luar negeri. Seperti ke China ini," kata Raden Isnanta seusai pelepasan Timnas Pelajar U-20.

Dikirim ke turnamen luar negeri, kata dia, sangat penting untuk menambah wawasan dan pengetahuan anak serta untuk mempelajari karakter permainan. Dari kejuaraan di luar negeri nantinya akan tahu bagaimana menghargai pemain lain maupun pelatih.

"Karakter dan mental akan diuji di sini. Ayo tunjukkan bahwa pemain Indonesia mempunyai karakter dan mental yang kuat," katanya menambahkan.

Pada kejuaraan tersebut, Timnas Pelajar ini akan berhadapan dengan tim-tim kuat. Selain tim tuan rumah, tim Akademi Persib ini juga akan berhadapan dengan tim asal Australia, Korea Utara dan Korea Selatan.

Bakal menghadapi tim besar, pelatih Akademi Persib Sendi Oktavian mengaku tantangan yang akan dihadapi bukan hanya tim besar. Anak asuhnya juga akan berhadapan dengam cuaca yang jauh berbeda dengan Indonesia.

"Secara teknis persiapan sudah berjalan dengan baik. Untuk tantangan adalah cuaca dingin. Tapi semuanya sudah kami antisipasi," kata Sendi Oktavian saat dikonfirmasi.

Menurut dia, turnamen di China ini sangat bagus untuk memantau kemampuan anak asuhnya. Apalagi bagi pemain yang beruntung bakal mendapatkan bea siswa untuk berlatih selama empat tahun di Leicester Inggris. Penilaian akan dilakukan oleh tim pemandu bakat penyelenggara kegiatan.

Sementara itu Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono mengatakan diberangkatkannya tim Akademi Persib ke kejuaraan internasional ini merupakan salah satu cara untuk memajukan akademi maupun untuk melihat secara langsung kemampuan pemain muda.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018