Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak sembilan partai politik pendukung Joko Widodo menyepakati nama Koalisi Indonesia Kerja dalam konstelasi politik Pilpres 2019.

Joko Widodo, Presiden RI, yang baru saja mengumumkan pencapresannya pada Pilpres 2019 di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis petang menyampaikan soal nama Koalisi Indonesia Kerja.

"Partai-partai koalisi yaitu Koalisi Indonesia Kerja," kata Jokowi.

Ia juga menyebutkan pada kesempatan itu sebanyak 9 partai politik Koalisi Indonesia Kerja telah menandatangani kesepakatan terkait pencapresan dirinya yang akan didampingi KH Ma'ruf Amin sebagai cawapresnya.

Pertemuan itu secara resmi menyepakati bahwa Koalisi Indonesia Kerja mengusung Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai capres-cawapres 2019.

Sebanyak 9 partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja yakni PDI Perjuangan, Nasdem, Partai Golkar, Hanura, PPP, PKB, PKPI, Perindo, dan PSI.

Dalam pertemuan tersebut, hadir para ketua umum parpol pendukung meliputi Megawati Soekarnoputri, Surya Paloh, Airlangga Hartarto, Oesman Sapta, Romahurmuziy, Muhaimin Iskandar, Diaz Hendroprijono, Hari Tanoesudibyo, dan Grace Natalie.

Selain itu hadir pula sejumlah Sekjen Parpol pendukung Jokowi.

Setelah mengumumkan cawapresnya, Jokowi pada keesokan harinya pada Jumat pagi sekitar pukul 09.00 WIB akan mendaftar sebagai capres ke KPU dari Gedung Djoang 45 didampingi para ketum dan sekjen parpol Koalisi Indonesia Kerja.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018