Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan ketua tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf Amin belum ditentukan.

"Ketua tim nasional masih menunggu keputusan calon presiden karena kami juga tidak meganggu kesibukan bapak presiden yang saat ini berkonsentrasi terhadap pelaksanaan Asian Games dan penanganan bencana di Nusa Tenggara Barat," katanya di Gedung KPU, Senin, yang didampingi para sekjen partai koalisi.

Ia menyampaikan, untuk sementara ketua tim akan diwakili oleh salah satu wakil ketua dan sekretaris tim kampanye nasional dalam berhubungan baik di internal tim maupun ke luar tim.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional adalah mantan Panglima TNI yang kini menjabat Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Sekjend Partai Golkar Lodewijk Paulus, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, Sekjen Nasdem Jhony G Plate, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjend Hanura Herry Lontung Siregar, Hajriyanto Y Tohari dan Eriko Sutarduga.

Sedangkan sekretaris tim kampanye adalah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto didampingi oleh Wakil Sekretaris Ferry Surya Hendrawan, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq dan Dewi Suharto.

Dalam kesempatan itu, Hasto juga menyampaikan untuk Bendahara Tim Kampanye Sakti Wahyu Trenggono dan Agus Gumiwang Kartasasmita. Sedangkan untuk wakil bendahara diantaranya Juliari Batubara, Amir Uskara, Jazilul Fawaid, Syamsudin Andi Arsyad, Riri Lestari Murdiyat dan Dudy Purwaghandi.

Sedangkan posisi juru bicara diisi oleh Politikus PDIP Ahmad Basarah, juru bicara presiden yang kini juga mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari PDIP Johan Budi, Sekjend PKB Abdul Kadir Karding, Politikus Golkar TB Ace Hasan Syadziliy, Politikus Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago, Politikus PDIP Arief Budimanta, Politikus Perindo Arya Sinulingga dan Rena Haryana Mukti.

Selain itu juga terdapat Direktur Program yang dipercayakan kepada Arya Bima, Direktur Konten Fikri Satari, Direktur Komunikasi Politik Usman Kansong, Direktur Komunikasi dan Informasi Yadi Hendriana, Direktur Kampanye Beny Ramdani, Direktur Penggalangan Pemilih Muda Adi Kusuma.

Sementara untuk pengarah teritorial diisi para kepala daerah dari Koalisi Indonesiasi Kerja. 

Hasto dalam kesempatan tersebut menyampaikan, sesuai dengan aturan yang ada tim kampanye dapat terus diperbarui hingga sehari menjelang kampanye.

Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan bahwa kedatangan para sekjen itu untuk memperbarui data-data dokumen yang sebelumnya telah diserahkan, sehingga menjadi lebih lengkap dan detail.

Menurut dia, untuk tim kampanye memang dapat diperbarui datanya hingga menjelang kampanye. Dengan demikian, pada saat kampanye semuanya sudah jelas, siapa saja yang berkampanye.

Dalam kesempatan tersebut, para sekjen datang ke KPU beramai-ramai dengan membomceng motor gede. Para sekjend tiba sekitar pukul 14.50 WIB dengan mengenakan upakaian lengan panjang putih digulung dan dasi merah dengan celana panjang hitam.

Baca juga: Jokowi masih simpan nama ketua tim kampanye

Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018