Disiapkan barracuda untuk mengangkut tim Persija

Disiapkan barracuda untuk mengangkut tim Persija

Barracuda, Kendaraan taktis, Brimob Polri (ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan)

Bandung (ANTARA News) - Polrestabes Bandung telah menyiapkan sejumlah skema dalam pengamanan laga "panas" Persib Bandung melawan Persija Jakarta pada Minggu (23/9).

Salah satunya penggunaan kendaraan taktis barracuda untuk mengangkut tim "Macan Kemayoran" ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Untuk tim tamu kita carikan kendaraan yang paling aman, alternatifnya barracuda," ujar Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema di Bandung, Sabtu.

Barracuda merupakan kendaraan lapis baja pengangkut personel (Armoured Personnel Carrier/APC) yang berfungsi untuk melindungi dan mengamankan wilayah itu jika terjadi aksi yang anarkis. Kendaraan ini juga dinilai efektif untuk memecah kerumunan massa, termasuk bila massa bersenjata.

Laga "klasik" antara Persib melawan Persija dipastikan bakal menyedot perhatian pecinta sepak bola Tanah Air, khususnya masyarakat Jabar. Sekitar 4.000 personel pun akan diterjunkan untuk mengamankan jalannya laga.

Laga ini juga dikenal "panas" sebelum pertandingan, teror-teror di dalam maupun di luar lapangan kerap terjadi. Perjalanan tim Persija dari tempat transit menuju ke stadion maupun sebaliknya akan mendapat pengawalan ketat.

"Keseluruhan dari mulai kegiatan rangkaian tim masuk ke Bandung sampai pulang kita kawal. Diharapkan semua berjalan lancar," kata dia.

Pola pengamanan akan menggunakan sistem ring. Ring pertama di dalam lapangan, ring dua di sekitar pintu masuk, ring tiga di area stadion GBLA dan ring empat di jalur menuju ke GBLA.

"Polanya kita menggunakan sistem ring dan kita juga dibantu dari TNI," kata dia.
 
Baca juga: Polisi mengantisipasi keributan laga "panas" Persib lawan Persija
Baca juga: Polisi siapkan barracuda kawal timnas Malaysia
Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2018