Awalnya itu dulu (kelas ekonomi), kalau permintaan butuh bisnis, butuh eksekutif, ya kami siapkan
Garut, Jawa Barat (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap membuka kereta api komersial rute Stasiun Garut ke Jakarta dengan tarif murah setelah pengaktifan kembali rel jalur Stasiun Cibatu-Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Nanti akan terhubung sampai ke Jakarta," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro saat meninjau Stasiun Garut dalam rangka persiapan pengaktifan kembali kereta api komersial di Garut, Rabu.

Ia menuturkan, transportasi massal kereta api memiliki keunggulan bagi mobilisasi masyarakat Garut.

KAI, kata dia, sudah siap membenahi kembali jalur rel kereta api yang sudah bertahun-tahun tidak beroperasi dan juga siap dengan armadanya.

"Armada kami sudah bisa jalan dari Cibatu masuk Garut, supaya orang Garut ini bisa maju," katanya.

Menurut dia, hasil hitungan sementara, tarif kereta api dari Stasiun Garut menuju Bandung sekitar Rp12 ribu dan Garut-Jakarta sekitar Rp26 ribu per orang.

"Hitung-hitungan saya kalau ini diizinkan tarifnya kurang lebih Rp12 ribu, nanti Jakarta sampai Garut bisa cuma Rp26 ribu," katanya.

Ia menyampaikan pada tahap awal, kereta api komersial yang akan diaktifkan merupakan kelas ekonomi dengan tarif murah atau terjangkau bagi masyarakat.

Namun, pada masa mendatang, kata dia, bisa saja dibuka rute perjalanan kereta api komersial kelas bisnis maupun eksekutif.

"Awalnya itu dulu (kelas ekonomi), kalau permintaan butuh bisnis, butuh eksekutif, ya kami siapkan," katanya.

Baca juga: KAI akan reaktivasi empat jalur rel di Jabar
Baca juga: Jalur kereta Cibatu-Cikajang segera diuji kelayakan

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018