Kehadiran Pemerintah dalam kondisi seperti ini (gempa bumi) merupakan keniscayaan dan penting untuk memastikan segala keperluan korban terpenuhi dan tertangani dengan baik.
Sumenep (ANTARA News) - Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita, Kamis sore, mengunjungi korban gempa bumi di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

"Mewakili Pemerintah Pusat, saya mengucapkan turut berduka cita kepada para korban. Semoga keluarga korban yang meninggal diberi kekuatan dan ketabahan dan bagi korban luka segera pulih," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Antara di Sumenep.

Kedatangan Mensos di Sumenep untuk menemui korban luka yang dirawat di Puskesmas Gayam, mengunjungi warga di lokasi terdampak, dan menyerahkan bantuan.

Mensos juga menyerahkan santunan kepada ahli waris korban yang meninggal dunia, yakni Nadar, Nuril Kasmilia, dan Sarwini.

"Kehadiran Pemerintah dalam kondisi seperti ini (gempa bumi) merupakan keniscayaan dan penting untuk memastikan segala keperluan korban terpenuhi dan tertangani dengan baik," katanya.
 
Ia menjelaskan, Pemerintah memang harus bekerja cepat dan tanggap dalam penanganan korban sekaligus memberikan rasa tenang kepada para korban.

Pada Kamis dini hari pukul 01.57 WIB, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,4 Skala Richter mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali.

Sesuai siaran pers dari Kementerian Sosial RI, korban meninggal akibat bencana alam di Pulau Sapudi, Sumenep, sebanyak tiga orang, dan korban yang mengalami luka sebanyak 24 orang.

Selain itu, sebanyak 241 rumah milik warga Pulau Sapudi mengalami kerusakan, dengan rincian 210 rumah di Kecamatan Gayam dan 31 rumah lainnya di Kecamatan Nonggunong.*

Baca juga: Dokter dikirim ke Pulau Sapudi

Baca juga: Enam kecamatan Jember terdampak gempa Situbondo


 

Pewarta: Abd Aziz dan Slamet Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018