Saya berharap anda dapat berkontribusi pada hubungan baik antara kedua negara, Arab Saudi dan Indonesia, serta menjadi pakar di bidang hubungan internasional, khususnya mengenai keindonesiaan..
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid ikut serta menguji disertasi mahasiswa doktoral di Universitas Al-Imam bin Saud, Arab Saudi.

Dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Kamis, Hidayat menjadi penguji kehormatan atas disertasi mahasiswa doktoral asal Arab Saudi bernama Abdullah ibn Muhammad Al-Faris, dengan tema "Peran Kerajaan Arab Saudi dalam Penyelesaian Masalah Islam Kontemporer di Negara-Negara ASEAN, Studi Kasus di Indonesia".

Sidang disertasi itu dihadiri pula beberapa mahasiswa Indonesia yang kuliah di Arab Saudi. Abdullah Al-Faris berhasil mempertahankan disertasi di hadapan dewan penguji yang dipimpin Prof Dr Abdullah bin Ibrahim Al Luhaidan (Ketua Sekolah Tinggi Dakwah dan Hisbah Universitas Al-Imam bin Saud), dengan pembimbing Prof Dr Abdullah bin Muhammad Al Muthawwa` dan penguji Dr Khalid bin Rashid Al Abdan (Associate Professor Program Studi Islam Masa Kontemporer) serta Dr Hidayat Nur Wahid. Abdullah mendapat nilai cumlaude.

"Saya berharap anda dapat berkontribusi pada hubungan baik antara kedua negara, Arab Saudi dan Indonesia, serta menjadi pakar di bidang hubungan internasional, khususnya mengenai keindonesiaan," kata Hidayat.

Kedatangan Hidayat sebagai tamu kehormatan Universitas Al-Imam ibn Saud menunjukkan posisinya di forum akademis internasional sebagai ulama-negarawan. Jarang tokoh Indonesia yang dihormati di forum internasional, seperti Dr Mohammad Natsir pada masa lalu.

Hidayat juga menjadi anggota Majelis Pimpinan Rabithah Alam Islami yang sedang mengadakan rapat tahunan.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada Dr. Hidayat Nur Wahid dari Indonesia yang telah berbagi ilmu dengan menguji mahasiswa doktoral. Semoga bangsa Indonesia dianugerahi pemimpin yang berilmu dan bertaqwa," ujar Ketua Dewan Penguji, Prof Abdullah Al-Luhaidan.

Baca juga: Hidayat ingat seluruh masyarakat lanjutkan cita-cita pendiri bangsa

 

Pewarta: Indriani
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2018