Tasikmalaya (ANTARA News) - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyatakan rahasianya menjaga stamina dan kesehatan selama ini adalah dengan menjalani hidup mengalir apa adanya. 

"Ya pokoknya saya jalani saja semua, tanpa saya pikirkan, renungkan terlalu dalam. Saya tidak ada problem-problem, (yang sampai membuat) mengerutkan dahi, mengalir saja, jalani saja, dinikmati saja," kata Ma'ruf Amin kepada waratwan disela kegiatannya di Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (21/10) malam. 

Ia juga mengungkapkan selalu menjaga menu makanan di usianya yang sudah tidak muda lagi, terutama dengan menghindari makanan yang dapat memicu kolesterol, asam urat dan lain sebagainya. 

"Karena sudah tua tentu saya sudah mulai ada gula, sudah mulai ada kolesterol, sudah mulai ada asam urat, itu yang kita hindari, mengurangi supaya tidak gulanya, kemudian kolesterolnya, kemudian asam uratnya, supaya sehat," jelasnya. 

Dia mengatakan semenjak dipilih Presiden Jokowi sebagai cawapres, dirinya sudah tidak memiliki waktu untuk berolahraga pagi. Sebab, aktivitas sebagai cawapres mengharuskannya sering keluar kota. 

"Dulu iya suka jalan pagi, sekarang tidak sempat lagi. Pertama saya selalu berada di luar kota seperti sekarang, dan kedua kalau di rumah itu tamu jam enam pagi sudah datang. Jadi mau jalan pagi sudah tidak sempat lagi," jelasnya.

Baca juga: Ma'ruf: santri harus pelajari pengetahuan umum

Baca juga: Menag: Santri harus jadi pionir perdamaian

Baca juga: Ribuan santri nusantara apel akbar di Vastenburg

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018