Karena saat ini adalah tahun politik maka diharapkan umat Islam jangan terpancing agar situasi nasional dapat terjaga hingga perhelatan pemilu 2019 mendatang
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais meminta agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia termasuk ormas-ormas lebih objektif dalam menyikapi bendera Tauhid yang memiliki nilai sejarah sangat kuat dengan perjuangan bangsa Indonesia. 
 
"Karena saat ini adalah tahun politik maka diharapkan umat Islam jangan terpancing agar situasi nasional dapat terjaga hingga perhelatan pemilu 2019 mendatang," kata Hanafi, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis.
 
Menurut dia, pro kontra video oknum anggota Banser membakar bendera bertuliskan kalimat tauhid saat peringatan Hari Santri Nasional di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, pada Senin (22/10) tidak lepas dari stigma negatif bendera tersebut yang diidentikan dengan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), ISIS bahkan terorisme. 
 
Meski Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menyatakan bahwa bendera yang dibakar itu merupakan bendera berkalimat tauhid yang tak ada hubungannya dengan HTI, namun masyarakat sudah terdoktrin oleh informasi bahwa bendera Tauhid tersebut adalah simbol HTI sebagai ormas terlarang di Indonesia. 
 
Hanafi menjelaskan bahwa bendera yang dibakar dalam video yang beredar luas adalah Ar Rayah (Panji Rasulullah), bendera berwarna hitam yang bertuliskan kalimat tauhid. 
 
Ar-Rayah dan Al-Liwa, kata Hanafi, adalah salah satu dari sekian banyak variasi bendera dan panji dalam Islam. Cirinya adalah warna dasar putih dan hitam. Panji penanda pasukan Nabi Muhammad SAW dinamai Rayat Al-Uqab atau Panji Elang dan warnanya polos. 
 
Namun kemudian seluruh panji hitam dari pasukan Islam juga dinamai Al-Uqab.
 
"Ini merujuk pada Hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi dan Imam Ibn Majah dari Ibn Abbas RA, bahwa Rayah Rasulullah SAW berwarna hitam dan Liwa beliau berwarna putih. Ar Rayah merupakan panji perang Rasulullah berwarna hitam bertuliskan lafaz Tauhid 'Laa ILaaha Illaallah Muhammadar Rosulullah', sedangkan Liwa merupakan bendera Rasulullah berwarna putih,” kata Mas Han, sapaan akrab politisi PAN ini.  
 
Sementara itu bila dikaitkan dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia bendera tauhid selalu menghiasi panji-panji sejumlah kerajaan Islam Nusantara hingga organisasi keislaman.
 
"Sebut saja Kerajaan Samudera Pasai pada abad ke-13, Kesultanan Cirebon, Kesultanan Tidore, atau Kesultanan Inderapura di Sumatra Barat pada tahun 1347 hingga Sarekat Dagang Islam yang didirikan oleh Samanhudi pada 1905 juga menggunakan lambang yang memuat kalimat tauhid di dalamnya. Pemakaian kalimat tauhid menandakan betapa pentingnya dalam sejarah bangsa kita yang melakukan perlawanan jihad fi sabilillah memperjuangan kemerdekaan Indonesia," papar Mas Han.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018