Banjarmasin, Kalimantan Selatan (ANTARA News) - Panglima Komando Daerah Militer VI/Mulawarman, Mayor Jenderal TNI Subiyanto, di Banjarbaru, mengatakan prajurit TNI AD harus dekat dengan rakyat sebagai bukti tentara yang hadir demi dan untuk rakyat Indonesia.

Pesan itu dia sampaikan usai peringatan Hari Juang Kartika ke-73 yang dilaksanakan di Lapangan Murjani, depan Balai Kota Banjarbaru, Sabtu.

Hari Juang Kartika menjadi hari penting bagi TNI AD, berlandas warisan sajarah perlawanan TKR dari berbagai unsur di medan Palagan Ambarawa, Jawa Tengah, yang dimulai dengan serangan umum dalam formasi Capit Udang sejak 12 Desember 1945 dan baru diakhiri pada 15 Desember 1945. Adalah Panglima Sudirman yang memimpin serangan dari tiga arah kepada kekuatan Sekutu di Ambarawa, pada masa itu. 

"TNI dibentuk demi dan untuk rakyat sehingga setiap prajurit harus bisa dekat dengan rakyat melalui berbagai cara sehingga terbangun sinergitas TNI bersama rakyat," ujar Subiyanto.

Ia juga mengatakan, pesan itu sejalan dengan tema peringatan Hari Juang Kartika ke-73 yakni "TNI Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat" sehingga harus dilaksanakan setiap prajurit dimana pun berada.?

Ditekankan, prajurit TNI AD juga harus membantu masyarakat tanpa kenal lelah dan pamrih karena apa yang dilakukan kepada rakyat adalah amanah yang harus dijalankan prajurit sebaik-baiknya.

"Seluruh prajurit TNI bersatu dan bersama-sama rakyat membangun daerah dan timbul tenggelam TNI bersama rakyat seperti amanah Panglima Besar Jenderal Soedirman," katanya

Dikatakannya, kehadiran TNI secara umum tidak bisa sendiri tetapi saling sinergi dengan Kepolisian Indonesia maupun pemerintah daerah sehingga dapat terwujud pengabdian yang sejati khususnya di Kodam VI/Mulawarman.

Peringatan Hari Juang Kartika di sana dengan Korem 101/Antasari sebagai tuan rumah berlangsung meriah diisi parade ribuan prajurit TNI jajaran Kodam VI/Mulawarman dan Korem 101/Antasari.

Selain itu dihibur atraksi drum band, slalom mobil, dan seni budaya Reog Ponorogo termasuk pameran alutsista TNI juga mobil antik dan modifikasi dilanjutkan malam hari dimeriahkan band kondang ibukota yakni Jamrud.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018