Ibu Negara ziarahi tiga makam istri mantan wapres

Ibu Negara ziarahi tiga makam istri mantan wapres

Ibu Negara Iriana Joko Widodo menabur bunga di salah satu makam istri mantan wakil presiden di Taman Makan Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta, Senin (17/12/2018) sebagai rangkaian peringatan Hari Ibu 2018. (ANTARA/Dewanto Samodro)

Jakarta (ANTARA News) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Mufidah Jusuf Kalla dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise melakukan ziarah ke makam Hasri Ainun Habibie, Nelly Adam Malik dan Ratu Emma Norma Sudharmono sebagai rangkaian peringatan Hari Ibu 2018.

Acara ziarah didahului dengan upacara dipimpin Iriana dengan menghadap tugu makam pahlawan disertai mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta, Senin.

Setelah mengheningkan cipta, Iriana meletakkan karangan bunga di kaki tugu makam pahlawan, kemudian dilanjutkan dengan menziarahi makam tiga istri mantan wakil presiden.

Menteri Yohana Susana Yembise mengatakan tiga pahlawan perempuan yang dimakamkan di Kalibata memiliki peran besar bagi bangsa dan negara dan harus bisa menjadi teladan bagi para perempuan Indonesia.

"Mereka bisa tetap mengedepankan keluarga di tengah kesibukan pribadi maupun mendampingi suami. Mereka juga tetap bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat," jelasnya.

Menurut Yohana, ketahanan keluarga sangat penting bagi ketahanan suatu bangsa. Perempuan sebagai seorang istri dan ibu memiliki peran penting untuk dalam membangun ketahanan keluarga.

"Selamat hari Ibu untuk seluruh perempuan Indonesia," ujarnya. 

Baca juga: Menteri PPPA sebut perempuan mampu jadi motor perubahan

Baca juga: Yohana harapkan perempuan tingkatkan kinerja dan potensi
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018