Jakarta (ANTARA News) - Pemain sayap klub Persipura Jayapura Todd Rivaldo Ferre ingin melepaskan label "spesialis babak kedua" yang seolah dilekatkan kepadanya usai Piala U-19 Asia tahun 2018 lalu.

Saat memperkuat timnas U-19 Indonesia di turnamen yang berlangsung pada akhir Oktober 2018 itu, dia tampil memukau ketika masuk di babak kedua.

"Saya tentu ingin masuk skuat 'starting line up', jadi pemain utama," ujar pemain yang biasa disapa Rivaldo itu di Jakarta, Senin.

Hal itulah yang terus memacu semangat Rivaldo dalam pemusatan latihan tim nasional U-22 Indonesia yang kini tengah diikutinya.

Dia mau menunjukkan kemampuan maksimalnya agar mendapatkan kepercayaan dari pelatih Indra Sjafri, yang juga menjadi pelatihnya saat di timnas U-19.

"Saya memberikan yang terbaik saat berlatih maupun bertanding. Namun semuanya kembali ke pelatih. Saya akan mengikuti apa saja yang diinstruksikannya," tutur Rivaldo.

Saat membela timnas U-19, Todd Rivaldo Ferre memang jarang mendapatkan kesempatan bermain sejak menit pertama. Dia lebih sering masuk lapangan di babak kedua sebagai pemain pengganti.

Namun, bukan berarti kontribusinya sedikit. Salah satu penampilannya yang paling diingat adalah ketika timnas U-19 menghadapi Qatar di penyisihan Grup A Piala U-19 Asia tahun 2018.

Rivaldo yang masuk di menit ke-55 berhasil mencetak trigol, di menit ke 65, 73' dan 81', yang membuat Indonesia yang sebelumnya tertinggal 1-6 berhasil mengejar ketinggalan menjadi 5-6.

"Rivaldo memang kurang efektif bermain jika bermain dari babak pertama," kata pelatih timnas U-19 saat itu Indra Sjafri. Menurut Indra, Rivaldo lebih cocok berlaga di paruh kedua ketika kondisi pemain lawan sudah kelelahan.

Tim nasional U-22 Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan (TC) menuju Piala U-22 AFF tahun 2019. Mulai hari ini, Senin (14/1), TC memasuki pekan kedua setelah minggu pertama digelar pada 7-12 Januari 2019. 

Piala U-22 AFF 2019 berlangsung di Kamboja pada 17 Februari-2 Maret 2019.

Di turnamen itu, Indonesia bergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, Singapura dan tuan rumah Kamboja. ***3***

Baca juga: Indra Sjafri coret tiga pemain Timnas U-22

Baca juga: Sepak Bola - Indra Sjafri pastikan tak panggil pemain baru

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019