KPU Minahasa Tenggara verifikasi 44 berkas relawan demokrasi

KPU Minahasa Tenggara verifikasi 44 berkas relawan demokrasi

ILUSTRASI (ANTARA/Aprillio Akbar)

Minahasa Tenggara (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, segera memverifikasi 44 berkas calon relawan demokrasi yang telah diterima.

"Segera dilakukan verifikasi 44 dari 55 calon relawan demokrasi yang kami butuhkan," kata Kasubag Partisipasi Masyarakat Sekretariat KPU Svedlana Manuhuruapon di Ratahan, Rabu.

Menurut Svedalana, ada 11 basis program yang disiapkan KPU, dengan melibatkan kelompok masyarakat berbasis pemilih strategis, yakni basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan.

Selain itu, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis relawan demokrasi.

Sementara itu, Ketua KPU Wolter Dotulong mengatakan, program tersebut adalah gerakan sosial untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya dengan melibatkan peran masyarakat. 

"Relawan demokrasi menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota," jelasnya.

Bentuk peran masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat menggunakan haknya dalam pemilu secara opimal.

Ia menambahkan, pelopor-pelopor demokrasi akan dibentuk di setiap basis yang kemudian menjadi penyuluh pada setiap komunitasnya.

Segmentasi berdasarkan basis pemilih dilakukan dengan kesadaran bahwa tidak semua lapisan masyarakat mampu dijangkau oleh program KPU.

Selain itu, segmentasi tersebut adalah strategis baik dari sisi kuantitas maupun pengaruhnya dalam dinamika sosial politik daerah ini.

Tujuan direkrutnya relawan demokrasi itu, kata dia, untuk membangkitkan kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dengan menggerakkan masyarakat agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab.

Baca juga: KPU Indramayu: Keberadaan relawan demokrasi untuk tingkatkan partisipasi
Baca juga: KPU Rejang Lebong: Pemilih di Lapas Curup 368 orang
Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019