Jakarta, (ANTARA News) - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman mendukung pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) yang memanfaatkan sekam atau limbah padi milik PT Buyung Poetra Sembada (BPS), Tbk.

Asisten Deputi Sumber Daya Mineral, Energi dan Nonkonvesional Amalyos dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat, menerangkan bahwa pada sebentar lagi Indonesia akan memiliki energi listrik dari limbah penggilingan padi berupa sekam padi yang sedang dibangun oleh PT. BPS di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. 

Apabila terwujud, lanjutnya, maka Indonesia akan memiliki PLTBm sekam padi pertama yang dibangun oleh swasta. 

Menurut dia, pembangunan PLTBm 3 MW itu adalah dalam rangka mendorong pencapaian target pemenuhan pasokan listrik dari sumber bioenergi sebesar 5,5 GW pada tahun 2025.

"Kami berharap apa yang sudah diinisiasi oleh BPS ini nanti dapat dukungan penuh dari semua pihak," ucapnya.

Ia mengemukakan, hal itu karena mengingat selain mendukung program pemerintah dalam mewujudkan pengembangan bioenergi untuk listrik, PLTBm sekam padi ini sebagai pembangkit listrik pertama di Indonesia dari sekam padi.

Pembangunan PLTBm sekam padi yang sedang dibangun oleh PT. BPS itu juga diharapkan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan pemenuhan terhadap seluruh ketentuan peraturan yang disyaratkan. 

Selain itu, PT. BPS juga mengharapkan pembelian listrik dengan mekanisme "excess power" oleh PT. PLN dan PT. PLN menyanggupi permohonan PT BPS sepanjang memenuhi ketentuan yang disyaratkan. 

"Kami akan terus mengawal tahap pembangunan PLTBm Sekam Padi hingga ke tahap operasional," tuturnya.

Ia mengungkapkan, berdasarkan keterangan dari PT. BPS, fisik bangunan PLTBm sekam padi di areal pabrik penggilingan padi tersebut telah mencapai 80 persen dan diharapkan kegiatan komisioning sendiri dilaksanakan pada bulan maret ini. 

Selain itu, pihak BPS menyampaikan dengan beroperasinya PLTBm sekam padi sebesar 3 MW ini, maka dapat mengurangi jumlah tumpukan sekam padi sekitar 100 ton/hari. 

Baca juga: Tingkatkan EBT dalam bauran energi nasional, Ditjen EBTKE apresiasi PLTBm Siantan
Baca juga: Indonesia Power berencana bangun PLTBm di Jakarta Utara

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019