Jakarta (ANTARA News) - Lembaga filantropi Dompet Dhuafa kini memiliki rumah untuk relawan yang bisa memperkuat kerja sosial membantu masyarakat terutama dari kalangan tidak mampu.
   
"Saya berharap Rumah Relawan ini membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Melalui ini masyarakat sekitar akan merasakan sehat dan bahagia secara bersamaan," kata pendiri Dompet Dhuafa Parni Hadi kepada wartawan di Jakarta, Selasa.
   
Bangunan Rumah Relawan yang diresmikan pada Selasa itu terletak di Bumi Pancar Harapan, Jalan Durian, Rangkapan Jaya Baru, Depok.
   
Tiga organisasi relawan yaitu Ikatan Relawan Sosial Indonesia (IRSI), Pos Sehat Relawan Dompet Dhuafa dan Gerakan Relawan Lansia Indonesia (Gerli) akan mengoptimalkan rumah tersebut untuk kegiatan sosial.
   
Parni mengatakan nantinya sejumlah program siap digulirkan di Rumah Relawan seperti Pos Sehat yang akan mendatangkan dokter dua kali dalam sepekan untuk melayani masyarakat sekitar yang membutuhkan layanan kesehatan secara gratis.
   
Warga juga akan rutin mendapatkan penyuluhan gaya hidup sehat dari tim relawan Dompet Dhuafa. Selain itu, halaman rumah tersebut bisa dimanfaatkan setiap kalangan usia untuk bermain, berolahraga, berkebun dan berkesenian.
   
Selain itu, kata dia, Rumah Relawan juga akan membuka kursus singkat untuk masyarakat yang ingin menjadi tukang bangunan.
   
Adapun kawasan Bumi Pancar Harapan milik Parni Hadi itu juga kerap dimanfaatkan warga untuk kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti ajang olah raga, hari besar nasional dan keagamaan. 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019