Kendari (ANTARA) - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti) melalui Kepala Biro Hukum dan Organisasi, Ani Nurdiani Azizah menyerahkan Surat Keputusan (SK) Kemenristekdikti, Mohamad Nasir, kepada Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Dr Azhari untuk pengoperasian Kampus USN Kolaka di Buton Tengah (Buteng).

Penyerahan SK pengoperasian kampus USN di Buton Tengah di dihadiri Bupati Buteng, Samahudin dan ratusan masyarakat Buteng di Balai Kelurahan Mawasangka, Kecamatan Mawasangka, Buteng.

Rektor USN Kolaka, Azhari melalui pesan singkat yang di terima, Rabu, mengatakan dengan adanya Kampus USN di Buteng seyogyanya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sultra, khususnya yang berdomilisi di wilayah kepulauan Muna dan Buton. Sebab adanya Kampus USN di Buteng menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di dua kepulauan itu.

"Kita bersyukur juga masyarakat di dua pulau ini (Muna-Buto), karena Mawasangka itu adalah pertemuan daratan antara Muna dan Buton, tanah Muna wilayah Buton. Jadi ini milik bersama oleh masyarakat di dua pulau ini," ujar Rektor Azhari.

Ia menjelaskan, untuk sementara ada beberapa program studi yang akan dibuka di Kampus USN Mawasangka tahun ini, salah satunya Prodi Diploma IV Keperawatan.

"Kita akan menyelenggarakan program studi yang diizinkan untuk dilaksanakan di sini. Gedung perkuliahan juga sudah siap, untuk sementara kita akan pakai gedung eks Puskesmas yang besar itu," katanya.

Untuk pengembangan kampus ke depan, Rektor juga berharap dukungan dari para akademisi dari Muna dan Buton yang berkarir di daerah lain.

"Saya mengundang para akademisi dari dua pulau ini yang ingin membangun kampung silahkan datang, silahkan pindah, saya terima dengan senang hati," katanya.

Untuk lokasi pembanguan gedung kampus, saat ini USN sudah memiliki lahan seluas 100 hektar lebih di Desa Wakambangura, Kecamatan Mawasangka. Lahan tersebut sebelumnya milik masyarakat setempat yang kemudian secara sukarela dihibahkan untuk pendirian kampus USN.

Bupati Buteng, Samahuddin memberi apresiasi kepada Rektor USN, Azhari yang telah menunjukkan kontribusi nyatanya dengan membangun kampus di daerah tanah kelahirannya. Katanya, Pemda Buteng akan selalu mendukung untuk pengembangan kampus USN ke depan.

Bahkan tahun ini, kata Bupati, Pemda Buteng telah menganggarkan dalam ABPD untuk pengaspalan jalan menuju kampus USN di Desa Wakambangura.

"Semoga kehadiran kampus USN di Mawasangka ini membawa Buton Tengah menjadi daerah yang semakin berkah. Untuk jalan menuju kampus kita sudah rencanakan akan diaspal mulai tahun ini,? katanya.

Ditjen Kemenristekdikti Ani Nurdiani Azizah menyampaikan pembangunan daerah yang dikatakan berhasil ketika dapat meningkatkan dua hal yaitu dari sisi kesejahtaraan masyarakat dan sumber daya manusia yang cerdas.

"Kalau tahun sebelumnya pemerintah pusat adalah fokusnya ke pembangunan infrastruktur, sekarang ini telah di ubah yaitu pengembangan sumber daya manusia," katanya.

Dia juga menyatakan dengan diserahkan SK ini maka agar dilaksanakan sebaik-baiknya, karena semuanya akan diawasi oleh tim internal dari pusat. "Jadi, Rektor dalam menjalankan harus ada target apa dulu yang mau lakukan," ujarnya.*



Baca juga: Kemristekdikti: mahasiswa wajib miliki literasi baru

Baca juga: Kemristekdikti kerja sama riset kebencanaan dengan sejumlah negara


 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019