Banjarmasin, Kalimantan Selatan (ANTARA) - Personel di Kepolisian Resor Kota Banjarbaru menangkap komplotan pencuri spesialis di rumah kosong dan menyita puluhan barang bukti berbagai jenis, hasil kejahatan secara terencana.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Banjarbaru, AKP Siti Rohayati, di Banjarbaru, Jumat, mengatakan, lima tersangka anggota komplotan yang ditangkap berinisial AR, FS, HA, MR, dan MS, serta satu penadah, GA.

"Mereka ditangkap unit Buser Polres Banjarbaru di Kota Binuang Kabupaten Tapin dan Banjarbaru. Dua diantaranya yakni MR dan FS dilumpuhkan dengan tembakan di bagian kaki," ujar dia.

Dia katakan, empat dari kelima tersangka merupakan residivis kasus pencurian sedangkan satu tersangka adalah residivis kasus pembunuhan. Satu tersangka berinisial ND masih dalam pengejaran dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Selama 1,5 bulan mereka menjalankan aksi kejahatannya, komplotan spesialis pencurian rumah kosong itu diketahui beraksi pada 11 lokasi atau rumah yang kosong ditinggalkan pemiliknya.

Lokasi perumahan yang dibobol para pelaku di antaranya di Perumahan Graha Citra, Perumahan Guntung Paring, Jalan Amanah RO Ulin, belakang SMPN 5 Banjarbaru dan sebuah rumah di belakang markas Polres Banjarbaru.

Barang bukti yang disita baik dari tangan pelaku dan penadah terdiri dari 10 unit TV LED dan tabung berbagai merek dan ukuran, satu unit sepeda olahraga, dua unit mesin cuci, satu unit sepeda motor sport serta puluhan unit barang bukti lainnya.

Modus kawanan pelaku sebelum beraksi melakukan survei atau pengintaian terhadap rumah yang menjadi sasaran. Setelah dipastikan kosong, dua pelaku masuk dan menggasak barang.

D
ua pelaku membobol rumah memakai gunting besi besar, linggis dan tang. Setelah mengumpulkan barang kemudian menghubungi pelaku lain yang datang pakai mobil sewaan.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019