Denpasar (ANTARA) - Forum Alumni SMA-SMK se-Bali Bersatu akan mendeklarasi dukungan untuk pasangan capres-cawapres, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, dengan acara parade budaya pada 29 Maret 2019.

"Deklarasi dukungan akan dikemas dalam Reuni Agung dengan diisi parade budaya, akan ada kolosal 50 sekaa (grup) baleganjur, tari baris dan hanoman kemudian ditutup dengan pementasan musik," kata Ketua Panitia Deklarasi Nyoman Gde Sudiantara, di Denpasar, Rabu.

Menurut Sudiantara, ada empat grup band yang sudah bersedia tampil pada acara yang akan dipusatkan di Lapangan Puputan Margarana, Denpasar itu yakni Crazy Horse, Toya Band, Lolot Band, dan Joni Agung & Double T.

"Saya sudah berkoordinasi dengan komunitas-komunitas alumni seluruh Bali. Kami menargetkan kehadiran alumni hingga 20 ribu orang," ucapnya.

Acara akan digelar mulai pukul 15.00 WITA sampai malam hari. Pihaknya optimistis acara tersebut akan dihadiri sekitar 20 ribu orang alumni karena Bali daerah basis pendukung Jokowi-Amin.

Terkait dukungan ke Jokowi, Sudiantara mengatakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu sudah menunjukkan buktinya memimpin Indonesia di periode 2014-2019 dan Presiden Jokowi telah membangun di berbagai pelosok Indonesia tanpa membedakan suku, agama, ras dan daerah.

Menurut dia, pemerataan pembangunan itu nyata dirasakan oleh bangsa Indonesia. "Jokowi orang baik. Representasi Indonesia yang terdiri atas berbagai suku dan agama. Jokowi menyatukan Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau. Jokowi juga tidak memperkaya diri sendiri dan keluarganya. Kami akan habis-habisan mendukung Jokowi kembali memimpin Indonesia periode 2019-2024," ujar alumni SMAN 1 Denpasar ini.

Sudiantara menambahkan, salah satu gerakan yang akan dilakukan adalah menangkal fitnah dan hoaks  yang ditujukan ke pasangan Jokowi Amin. Alumni SMA/SMK se- Bali akan menangkal cara-cara hitam yang menyudutkan Jokowi -Amin.

Sementara itu, Made Duarsa, sekretaris panitia menambahkan, dalam deklarasi nanti akan dibacakan maklumat alumni se- Bali sebagai bentuk dukungan kepada Jokowi- Amin.

Salah satu isi maklumat adalah mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, tidak golput. "Satu suara sangat penting untuk kemenangan Jokowi, untuk NKRI, karena Jokowi lah yang bisa menjadi pemimpin semua kelompok dan golongan. Jokowi itu pluralis, penyatu semua golongan dan agama," kata alumni ITS Surabaya ini.

Made Duarsa mengajak seluruh lapisan masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk hadir mencoblos nanti pada 17 April 2019. "Mari bersama-sama menyukseskan Pak Jokowi untuk kembali memimpin Indonesia di periode kedua," ujar Made Duarsa.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019