Untuk Kabupaten Jayapura tercatat 3.323 pelanggan PDAM Jayapura yang selama ini dilayani dengan menggunakan mata air dari Cyckloop dan sisanya merupakan pelanggan di wilayah Kota Jayapura yang dilayani melalui sumber air Koyabu,
Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 9.000 an pelanggan PDAM Jayapura saat ini tidak terlayani air bersih akibat bencana alam berupa banjir bandang yang terjadi di kawasan Kabupaten dan Kota Jayapura.

Direktur Utama PDAM Jayapura Entis Sutisna di Jayapura, Rabu, membenarkan adanya ribuan pelanggan PDAM yang tidak dilayani air bersih akibat rusaknya sumber mata air yang selama ini digunakan.

Untuk Kabupaten Jayapura tercatat 3.323 pelanggan PDAM Jayapura yang selama ini dilayani dengan menggunakan mata air dari Cyckloop dan sisanya merupakan pelanggan di wilayah Kota Jayapura yang dilayani melalui sumber air Koyabu.

Khusus untuk kerusakan di Cyckloop, pihaknya belum dapat memastikan kapan perbaikan selesai dilakukan. “Kerusakan sumber air di Cyckloop cukup parah akibat tertimbun berbagai material saat banjir bandang terjadi, Sabtu (16/3),” kata Sutisna.

Ia menambahkan, untuk mengatasi kesulitan akan air bersih, PDAM Jayapura sudah menyiagakan dua mobil tangki dan menyebar 50 buah tangki penampung air.

Sedangkan untuk pelanggan yang berada di wilayah Kota Jayapura yakni sumber air Kojabu mengalami gangguan pelayanan sehingga pelanggan tidak terlayani air bersih.

“Petugas PDAM Jayapura saat ini dikerahkan untuk memperbaiki pipa pipa yang dilayani dari Kojabu,” kata Entis Sutisna.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019