Nablus, Palestina (ANTARA) - Ratusan dunum lahan orang Palestina disita pada Senin (8/4) di bagian utara Tepi Barat Sungai Jordan dan Lembah Jordan untuk alasan pembangunan permukiman Yahudi, kata para pejabat Palestina.

Ghassan Daghlas, pejabat Palestina yang bertugas dalam urusan permukiman di Daerah Nablus di bagian utarat Tepi Barat, mengatakan kepada Kantor berita Palestina, WAFA, Israel menyita 406 dunum tanah dari tujuh desa untuk membuka jalan khusus buat pemukim Yahudi yang akan melewati kota kecil Palestina.

Di bagian utara Lembah Jordan, militer Israel menyita sebanyak 384 dunum lahan pribadi orang Palestina yang dilaporkan untuk membuat jalan yang akan digunakan oleh militer, kata Mutaz Bisharat, pejabat di Gubernuran Toubas.

Militer Israel sering mengubah jalan dan lahan yang disitanya di wilayah pendudukan Palestina dengan dalih untuk digunakan buat tujuan militer dan pemukim Yahudi.

Rakyat Palestina mengatakan Israel belum lama ini telah meningkatkan penyitaan lahan orang Palestina dalam upaya menciptakan fakta baru di lapangan yang mendukung proyek permukimannya, kata WAFA --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa. (Satu dunum = 1.000 meter persegi)

Sumber; WAFA

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2019